Berapa Lama Umur Baterai Mobil Listrik?

Umur pakai baterai mobil listrik sangat tergantung dari banyak faktor. Ada beberapa faktor yang tidak bisa kita kontrol, misalnya suhu udara yang terlalu panas bisa membuat baterai lebih cepat berkurang masa pakainya.

Disisi lain juga misalnya penggunaan atau cara pakai mobil listrik juga bisa berdampak pada umur baterainya. Contohnya apabila kita membiarkan baterai mobil listrik type li-on dalam keadaan kosong dalam waktu yang lama akan mengurangi usia pakainya juga, begitupun ketika dicharge terlalu lama.

Saat ini pabrikan mobil listrik biasanya menggunakan jenis baterai yang berbeda satu sama lainnya. Namun secara umum umur baterai mobil listrik rata-rata bisa bertahan hingga 10 hingga 15 tahun atau sekitar 200 ribu kilometer. Nissan mengklaim bahwa baterai pada Nissan Leaf mereka bisa bertahan hingga 10-12 tahun.

Beberapa pabrikan saat ini juga terus melakukan inovasi untuk membuat baterai yang lebih tahan lama namun memiliki kemampuan yang jauh lebih baik. Tesla salah satu pabrikan mobil listrik yang inovatif asal Amerika Serikat ini berjanji akan menggunakan baterai hingga 1,6 juta kilometer pemakaian. Untuk informasi juga Tesla 3 baru diluncurkan memiliki baterai yang mampu bekerja hingga 1500 siklus charge atau setara dengan 800 ribu kilometer di odomoter.

Harga Baterai Mobil Listrik

Baterai mobil listrik Renault Zoe

Harga sebuah baterai mobil listrik tergantung dari kapasitas yang dimilikinya, yang biasanya ditunjukkan dengan satuan kilowathour (kWh). Kapasitas ini berpengaruh langsung pada kemampuan mobil listrik dan juga kekuatan mesin listriknya. Berdasarkan hasil study yang dilakukan Bloomberg NEF, pada tahun 2015 harga baterai pada mobil listrik menutupi 50 persen total biaya produksi mobil listrik. Namun dari tahun ke tahun harga baterai cenderung mengalami penurunan, bahkan prediksi para ahli harga baterai pada tahun 2024 akan mencapai seperempat dari biaya produksi mobil listrik.

Harga baterai dapat menurun juga dikarenakan harga turunnya harga material lithium. Sejak tahun 2015 banyak tambang baru yang beroperasi yang berusaha menutupi permintaan yang dari hari ke hari meningkat. Ini tentu saja pada akhirnya akan mengurangi harga baterai secara keseluruhan.

Berapa sebenarnya harga baterai mobil listrik? menurut Bloomberg NEF pada tahun 2018 harga baterai mobil listrik berkisar di angka 163 dolar/kWH, harga yang lumayan turun apabila dibandingkan dengan tahun 2010 dimana harga pada saat itu ada di angka 1000 dolar/kwh.

Disisi lain baterai mobil listrik rata-rata mampu bekerja optimal hingga 1000 kali siklus isi ulang penuh. Namun pada kenyataannya baterai masih bisa digunakan bertahun-tahun walaupun setiap tahunnya mengalami penurunan kinerja. Dalam 8 tahun rata-rata baterai mobil bisa berkurang kemampuannya hingga 40 persen. Itulah kenapa pada beberapa pabrikan otomotif seperti renault misalnya menawarkan garansi penggantian baterai secara gratis asal pembeli mobil listrik membayarkan sejumlah biaya langganan setiap bulannya.