Harga Baterai Mobil Listrik Diprediksi Akan Semakin Murah

Category: Baterai, Berita 13 0

Menurut penilitian terbaru dari Goldman Sach diprediksi harga baterai pada tahun 2025 akan menyentuh 99 USD /kwh. Angka ini adalah penurunan 40% dari harga baterai dunia per tahun 2022.

Prediksi ini dihasilkan dari analisa pasokan hasil tambang bahan baku baterai seperti; timah, kobalt dan nikel yang harganya menurun dari hari ke hari. Seperti kita tahu harga final sebuah mobil listrik sangat dipengaruhi oleh harga baterainya sendiri.

Apabila trend penurunan harga ini terus berlanjut maka penetrasi pasar mobil listrik dunia akan semakin kuat karena harga jual mobil listrik yang semakin murah.

Saat ini Cina mendominasi sebagai pasar mobil listrik terbesar di dunia. Harga mobil listrik di sana lebih kompetitif apabila dibandingkan dengan pasar mobil listrik di belahan dunia lain seperti Eropa atau Amerika Serikat. Selain karena dukungan pemerintah Cina yang memang sangat pro terhadap mobil listrik dengan memberikan bantuan subsidi, selain itu juga disana pasar mobil listrik didominasi oleh mobil listrik yang murah untuk perkotaan.

Related Articles

Add Comment