Perbedaan Antara Mobil Listrik, Mobil Hybrid dan Mobil Hidrogen

Akhir-akhir ini banyak sekali istilah mobil ramah lingkungan yang mungkin bagi sebagian besar dari kita belum mengetahui apa arti dari istilah-istilah tersebut. Mungkin juga misalnya cara kerja mobil hybrid yang semua orang belum mengerti seperti apa. Kali ini saya akan mencoba merangkum informasi-informasi mengenai cara kerja mobil-mobil ramah lingkungan sesuai dengan sistem yang digunakannya.

Mobil Listrik

Sesuai dengan namanya mobil listrik adalah mobil yang menggunakan motor listrik sebagai sumber tenaga dan dilengkapi dengan baterai sebagai sumber tenaga listriknya. Bisa dibilang mobil listrik tentu saja tidak memiliki tangki BBM dan mesin bakar.

Sebuah mobil listrik (100 persen listrik) hampir dipastikan memiliki baterai untuk menyimpan energi listriknya. Kapasitas baterai yang dimiliki sebuah mobil listrik berbanding lurus dengan jarak tempuh dan tenaga yang bisa dihasilkan oleh mobil listrik tersebut.

Dalam hal konfigurasi sistem, mobil listrik relatif lebih sederhana dibandingkan dengan mobil lainnya seperti mobil hibrida ataupun mobil konvensional sendiri. Keuntungannya tentu saja biaya perawatan lebih sedikit, biaya penggunaan listrik lebih murah dibandingkan dengan harga BBM dan juga tentu saja berkendara yang lebih nyaman karena minim suara dan getaran. Kerugiannya dari mobil listrik adalah masalah klasik yakni jarak tempuh yang terbatas dan masih terbatasnya jumlah stasiun isi ulang baterai mobil listrik.

Mobil Hibrida (Hybrid Car)

Mobil hibrida atau Hybrid Car adalah mobil yang memiliki mesin bakar konvensional (baik diesel maupun bensin) namun dilengkapi juga dengan motor listrik dan baterai. Secara sederhana mobil jenis ini memiliki dua sistem sumber tenaga (hybrid) yaitu mesin bakar dan mesin listrik – plus baterai tentu saja.

Tujuan penggunan dua sistem tenaga ini adalah tentu saja untuk menghemat penggunaan bahan bakar terutama pada kecepatan yang tidak terlalu tinggi misalnya saja dibawah 40 km/jam yang berdampak juga pada pengurangan emisi yang dikeluarkan oleh mobil hibrida.

Mobil Hybrid – Toyota C-HR

Pada saat kecepatan rendah mobil hibrida akan menggunakan 100 persen mesin listriknya untuk mengurangi konsumsi BBM dan mengurangi polusi. Di dalam kota contohnya, mobil bersistem hibrida akan terasa sekali manfaatnya karena biasanya kecepatan kendaraan tidak akan terlalu tinggi.

Lalu darimana baterai sebuah mobil hibrida mendapatkan listrik? Baterai sebuah mobil hibrida biasanya akan diisi ulang secara otomatis pada saat mobil sedang mengerem dan deselerasi, lalu merubah gaya kinetik pengereman tersebut menjadi energi listrik yang kemudian disimpan ke dalam baterai.

Mobil Hybrid Rechargable

Mobil ini bisa dibilang teknologi terbaru dari mobil hibrida biasa. Mobil Hybrid Rechargeable secara sederhana adalah mobil hybrid yang memiliki kapasitas mesin listrik dan atau baterai lebih besar dengan tujuan agar baterai bisa di charge ulang di stasiun pengisian listrik.

Tujuan menambah kapasitas baterai pada jenis mobil ini tentu saja untuk menambah jarak tempuh dalam mode elektrik sehingga bisa mengurangi konsumsi BBM dan mengurangi emisi gas buang.

Saat ini mobil Hybrid Rechargable bisa dibilang memiliki harga yang relatif lebih mahal dan hanya model tertentu yang menyediakan mobil jenis ini. Penyebabnya adalah tentu saja banyaknya komponen dan sistem yang agak kompleks dibandingkan mobil hybrid biasa.

Mobil Hidrogen

Secara definisi mobil hidrogen sebenarnya adalah sebuah mobil listrik. Perbedaan yang mendasar tentu saja sumber tenaga listrik yang akan digunakan oleh mesin listriknya.

Kalau mobil listrik mendapatkan energi listriknya dari baterai yang yang telah di isi ulang di stasiun pengisian listrik, sedangkan Mobil Hidrogen mendapatkan listriknya dari hasil proses elektrokimia antara gas hidrogen dan udara yang terjadi pada sebuah kumpulan fuel cells yang nantinya menghasilkan listrik untuk menggerakkan motor listrik. Efek samping dari proses ini hanyalah uap air. Jadi kalau mobil biasa mengeluarkan gas buang seperi CO, sedangkan mobil hidrogen cukup uap air saja.

Secara sederhana sebuah mobil hidrogen mampu menghasilkan listrinya sendiri dengan bantuan gas hidrogen. Itulah sebabnya sebuah mobil hidrogen memiliki satu atau beberapa tabung untung menampung gas hidrogen layaknya tangki bensin pada mobil konvensional.

Toyota Mirai

Saat ini mobil yang menggunakan sistem ini masih sangat terbatas sekali. Salah satu model mobil hidrogen yang lumayan populer adalah Toyota Mirai, yang mana saat ini hanya dijual di Jepang, AS dan Eropa.