Harga Mobil Listrik Di Indonesia

Tidak banyak mobil full elektrik yang dijual di Indonesia, salah satu diantara ATPM yang pertama menjual mobil listrik adalah BMW dengan i3-nya. Disusul pabrikan Korea Selatan Hyundai yang baru awal tahun 2020 ini resmi memasarkan Hyundai Ioniq.

Namun begitu ada juga beberapa perusahaan Importir Umum yang bisa melayani pembelian mobil listrik dengan mengimpor langsung dari luar negeri.

Nissan Kicks e-Power (Rp 449 juta)

nissan kicks e-power

Mobil mini SUV dari Nissan ini bisa dibilang mobil listrik yang agak unik, karena dengan menggunakan teknologi yang dinamakan e-Power mobil listrik ini tidak memerlukan melakukan pengisian daya layaknya mobil listrik lain. Karena Nissan Kicks memiliki mesin bensin biasa yang hanya bertugas untuk mengisi daya listrik pada baterainya. Oleh karena itu banyak juga yang menggolongkan mobil e-Power dari Nissan sebagai mobil hybrid.

Nissan Kicks yang dijual di Indonesia memiliki spesifikasi teknis yang sama dengan yang dijual di Thailand. Sebagai sumber tenaga mobil ini menggunakan mesin listrik yang digunakan oleh Nissan Leaf yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 127 daya kuda dan torsi 260 Nm, sedangkan mesin bensin yang bertugas sebagai pembangklit listriknya menggunakan mesin bensin yang digunakan oleh Nissan March yang memiliki kapasitas 1200 cc.

Keunggulan lain selain tidak memerlukan pengisian daya listrik, mobil ini juga secara otomotas memiliki jarak tempuh yang lebih baik dibandingkan dengan mobil listrik biasa. Walaupun dengan menggunakan mobil ini konsep mobil listrik yang ramah lingkungan dan ‘nol emisi’ akan gugur karena dia memiliki mesin bensin yang mengeluarkan emisi, walaupun hanya bertugas hanya sebagai pembangkit listrik saja.

Hyundai Ioniq (Rp 569 juta)

Ioniq adalah sedan listrik pertama dari Hyundai yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016. Pada awal-awal Ioniq ini sempat diragukan jarak tempuhnya, karena pada saat itu Ioniq ini ditawarkan dengan baterai yang ‘hanya’ berkapasitas 28 kWh. Agak lebih rendah dibandingkan dengan rivalnya Nissan Leaf misalnya yang dilengkapi baterai berkapasitas 30 kWH atau Renault Zoe ZE40 yang dilengkapi dengan baterai berkapasitas 41 kWh.

Namun rupanya dengan baterai yang kompak inilah yang menjadikan Ioniq ini lebih ringan dibandingkan dengan rival-rivalnya. Sehingga Ioniq ini dalam kondisi reel jarak tempuh maksimalnya hampir menyamai rival-riavalnya yang notabene memiliki kapasitas baterai yang lebih besar. Tidak heran di Dunia sendiri Ioniq berhasil membukukan penjualan hingga 60 ribu unit.

Hyundai Ioniq interior

Selain full elektrik, Ioniq jga memiliki veris Hybrid dan Hybrid Rechargeable atau plug-in hybrid. Dibandingkan dengan dua versi lainnya, Ioniq listrik memiliki perbedaan terutama pada desain bodi depan yang tidak memiliki grill terbuka, namun menggunakan gril yang tertutup karena absennya keharusan mobil untuk mendapatkan pendinginan dari arah depan.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik

Ioniq listrik dilengkapi dengan mesin listrik dengan tenaga 88 kW (120 dk) untuk tahun 2019, dan Ioniq keluaran 2020 – termasuk yang dijual di Indonesia dilengkapi dengan mesin listrik dengan tenaga 136 dk dan torsi 295 Nm. Baterainya sendiri untuk yang terbaru Ioniq menggunakan baterai dengan kapasitas 38 kWH dengan jarak tempuh maksimal yang bisa diraih adalah 294 kilometer.

Hyundai Ioniq elektrik

Di Indonesia Ioniq ditawarkan dengan harga mulai Rp 569 juta off the road dengan masa inden 3 bulan. Dengan harganya yang lumayan masuk akal, Ioniq saat ini merupakan mobil listrik paling ‘murah’ yang dijual resmi di Indonesia.

SPESIFIKASI :

  • Tenaga : 136 dk / 295 Nm
  • Top Speed : 165 km/jam
  • Akselerasi 0 – 100 km/jam : 9,9 detik
  • Jarak Tempuh : 294 km
  • Harga : Rp 569 juta

BMW i3 (Rp 1,3 Milyar)

BMW i3s elektrik

BMW i3 adalah model pertama BMW di kelas ‘i’ yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2013. i3 dilengkapi dengan motor listrik dengan kapasitas 125kW dengan tenaga 170 dk yang didukung oleh baterai dengan kapasitas 42 kWh. i3 mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 7,9 detik saja, dan kecepatan maksimal yang bisa dicapai adalah 150 km/jam.

Pada tahun lalu BMW memperkenalkan i3 untuk versi sport yang dinamakan i3s. Versi terbaru ini dilengkapi dengan baterai yang memiliki kapasitas lebih besar yakni 42 kWh. Berbicara jarak tempuh i3 bisa menmepuh jarak hingga 285 kilometer, namun yang unik BMW juga sempat menawarkan opsi tambahan yang dinamakan Range-extender yaitu opsi dengan memasang mesin normal berkapasitas 650 cc dua silinder dengan tenaga 34 dk yang berfungsi hanya untuk mengisi daya baterainya. Oleh karena itu tangki bensin yang disediakan untuk opsi ini pun hanya berkapasitas 9 liter saja. Dengan opsi ini jarak tempuh yang bisa dicapai menjadi bertambah 130 kilometer.

BMW i3 elektrik

Untuk menambah opsi tersebut, biaya yang dikenakan di Eropa untuk calon pembeli i3 adalah sebesar 4500 euros. Saat ini opsi ini sudah ditiadakan bersamaan dengan perubahan baterai pada i3 yang sekarang menggunakan baterai 42 kWh.

Di Indonesia mobil ini ditawarkan mulai dari 1,3 miliar rupiah.

SPESIFIKASI:

  • Tenaga : 184 dk / 270 Nm
  • Top Speed : 195 km/jam
  • Akselerasi 0 – 100 km/jam : 6,9 detik
  • Jarak Tempuh : 285 km
  • Harga : Rp 1,3 Milyar

Tesla (Rp 1,5 milyar)

Di Indonesia selain salah satu perusahaan taksi sudah menggunakan Tesla sebagai armada premiumnya, ternyata banyak juga yang sudah memiliki mobil listrik Tesla sebagai kendaraan sehari-hari.

Walupun belum resmi ada perwakilannya disini, ternyata sudah ada beberapa perusahaan importir yang sedang dan sudah menjual mobil-mobil Tesla terbaru yang diantaranya Tesla model S, Tesla Model X maupun Model 3.

Sebagai contoh Model 3 sendiri adalah mobil paling laku terjual dari seluruh varian Tesla yang ada, dimana pada tahun 2019 berhasil membukukan penjualan 301 ribu unit di seluruh dunia. Total penjualan Tesla sendiri untuk seluruh model di tahun 2019 adalah 367.400 unit. Padahal Tesla Model 3 baru resmi dijual di tahun 2019.

Baca juga: Perkembangan Mobil Tesla

Tesla Model 3 sendiri dibandingkan dengan varian lain seperti Model S, terhitung model yang paling ‘murah’ harganya. Namun walaupun begitu fitur maupun kemampuannya tidak bisa dianggap remeh. Pada versi ‘performance’ – Model 3 mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 3,4 detik, dan kecepatan tertinggi yang bisa dicapai adalah 261 km/jam.

Interior Tesla Model 3

Model 3 ditawarkan dengan 3 varian :

  • StandarPlus, yang memiliki jangkauan hingga 409 kilometer dan kecepatan maksimum yang bisa diraih 200 km/jam.
  • Long Range, yang memiliki jangkauan hingga 560 kilometer dan kecepatan tertinggi yang bisa diraih 233 km/jam.
  • Performance, yang memiliki jangkauan hingga 530 kilometer, namun memiliki akselerasi yang lebih cepat. O ke 100 km/jam bisa diraih hanya dalam 3,4 detik saja.

Di Indonesia salah satu perusahaan importir mobil impor – Prestige Image Motorcars menawarkan Tesla Model 3 dengan harga mulai 1,5 miliar.

SPESIFIKASI :

  • Tenaga : 450 dk / 639 Nm (Estimasi – Tesla tidak mengumumkan resmi)
  • Top Speed : 225 km/jam (Standar range)
  • Akselerasi 0 – 100 km/jam : 5,9 detik (Standar range)
  • Jarak Tempuh : 409 km
  • Harga : Rp 1,5 Milyar

Artikel diperbaharui pada tgl 02/09/2020

Add Comment