Mobil Hybrid Yang Dijual Di Indonesia

Walaupun Peraturan Pemerintah tentang pengembangan kendaraan listrik sudah di tandatangani oleh Presiden Jokowi baru-baru ini, namun belum banyak mobil listrik yang dijual di Indonesia. Ada beberapa produsen yang memilih menunggu meluncurkan model andalan mereka hingga ada keputusan turunan dari kementrian terkait terutama mengenai tarif pajak untuk mobil listrik, namun ada juga pabrikan yang sudah menawarkan mobil listrik atau mobil hybrid mereka kepada konsumen Indonesia walaupun dengan harga yang relatif masih tinggi.

Berikut beberapa mobil ramah lingkungan yang sudah bisa dibeli di Indonesia melalui ATPM resmi, dan perlu diketahui juga tidak menutup kemungkinan kita bisa menggunakan jasa Importir Umum untuk mendatangkan mobil listrik yang belum resmi beredar di Indonesia, seperti Tesla misalnya.

1. Toyota Prius (Rp 700 juta*)

Toyota Prius bisa dibilang sebagai mobil hybrid paling populer di dunia. Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1997 di Jepang, setelah mobil konsepnya sempat dipamerkan terlebih dahulu di pameran Tokyo Motor Shop di tahun 1993.

Walaupun Toyota bukanlah pabrikan yang pertama menciptakan sistem hybrid, namun Toyota adalah pabrikan yang pertama yang berani mengambil resiko dengan membuat mobil hybrid dengan jumlah besar pada waktu itu. Tidak heran pabrikan asal Jepang ini sering disebut sebagai spesialis mobil hybrid.

Saat ini Toyota Prius sudah mencapai generasi yang ke 4, yang mana generasi ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016. Untuk Indonesia sendiri Toyota hanya menjual Toyota Prius berdasarkan pesanan, karena harus mengimpor terlebih dahulu dari Jepang langsung.

Toyota Prius generasi ke 4 yang dijual di Indonesia memiliki sistem hybrid yang juga diadopsi oleh CHR hybrid. Dilengkapi dengan mesin 1800cc Atkinson Cycle 98 hp dan mesin listrik bertenaga 72hp, mobil ini memiliki tenaga kombinasi lebih rendah dibandingkan dengan prius generasi ke 3 yang memiliki tenaga maksimum 133 hp.

2. Toyota Prius PHEV ( Rp 884 juta*)

Toyota Prius PHEV (disebut juga plugin hybrid/rechargable) adalah mobil hybrid yang paling baru diperkenalkan Toyota Astra Motor dibandingkan dengan model hybrid lainnya. Mobil ini resmi dijual di Indonesia pada bulan maret lalu.

>>Baca juga : Bedanya Hybrid biasa dan Plugin Hybrid

Prius PHEV ini diluncurkan untuk melengkapi Prius Hybrid biasa yang sudah lama diperkenalkan di Indonesia. Prius ini memiliki desain yang agak sedikit berbeda dengan kakaknya, dengan desain tampilan depan yang lebih modern berkat lampu utama yang lebih tipis dan lampu tambahan LED yang berbentuk vertikal di bagian bawah bumper. Begitupun dengan desain lampu belakang yang lebih tajam menambah kesan sangar. Rasa-rasanya desain Prius hybrid PHEV ini lebih menarik dibandingkan dengan Prius biasa.

Di sektor sumber tenaga Prius ini memiliki konfigurasi yang sama dengan Prius biasa, namun Prius PHEV ini dilengkapi dengan baterai dengan kapasitas yang lebih besar yaitu 8,8 kWh, atau dua kali lebih besar dibandingkan dengan Prius biasa. Keuntungannya mobil ini sanggup melaju hingga kecepatan 135 km/jam dan sejauh 63 kilometer hanya dengan menggunakan mesin listriknya saja. Baterainya ini bisa diisi ulang dari kosong hingga penuh hanya dengan menggunakan colokan rumah biasa dalam waktu 3 jam saja.

Prius Hybrid PHEV ditawarkan di harga sekitar Rp 884 juta, apabila melihat pesaing dekatnya Mitsubishi Outlander yang ditawarkan dengan harga 1,3 miliar, Prius ini harganya lumayan masuk akal. Memang keduanya memiliki karakteristik model mobil yang berbeda, jika Outlander lebih ke SUV sedangkan Prius lebih ke mobil perkotaan.

3. Toyota C-HR Hybrid (Rp 560 juta*)

Toyota C-HR adalah crossover hybrid dari Toyota yang pertama kali diluncurkan di tahun 2016 dan dibekali dengan sistem hybrid Toyota Prius generasi ke 4.

C-HR dibekali dengan mesin bensin 1800cc dan mesin listrik 53 kw yang dipasangkan dengan baterai Ni-Mh yang secara otomatis terisi ulang ketika mobil mengerem dan deselerasi. Toyota mengklaim konsumsi bahan bakar CHR bisa 1 liter untuk 25 kilometer tergantung kondisi jalan dan style mengemudi.

Di Indonesia C-HR hybrid ditawarkan dengan harga sekitar 560 juta yang mana harga ini hanya lebih mahal 30 jutaan bila dibandingkan dengan C-HR mesin normal. Melihat selisih harga antara versi hybrid dan versi normal di merek lain, CHR relatif memiliki perbedaan yang tidak banyak.

4. Toyota Altis Hybrid (Rp 566 juta*)

Toyota Indonesia tahun 2019 ini meluncurkan New Corolla altis dan juga Altis versi hybrid yang menggunakan platform TNGA, yang juga digunakan C-HR dan Prius.

Mesin bensin yang digunakan berkapasitas 1800cc yang digunakan juga di Prius yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 122 dk. Di Eropa dan Jepang Altis hybrid ini ditawarkan dua jenis kapasitas mesin yaitu 1,8 dan 2.0 liter dengan tenaga 180 daya kuda. Untuk kedua type hybrid -nya pun berbeda diantara keduanya. Di 1800cc hanya terpasang satu motor listrik di bagian depan mobil yang di dilengkapi dengan baterai Li-on dengan kekuatan 207v. Sedangkan untuk model 2000cc dipasang dua motor listrik di depan dan di gardan belakang dengan jenis baterai Nikel Hydride.

Altis hybrid ditawarkan di indonesia dengan harga mulai dari 566 juta rupiah.

5. Toyota Corolla Cross Hybrid (Rp 497juta*)

corolla cross hybrid baru

Pertama kali diluncurkan di Thailand, Corolla Cross adalah SUV pertama yang menyandang nama beken Corolla. SUV ini diposisikan berada diantara Yaris Cross dan RAV4.

Mobil ini menggunakan platform yang sama dengan yang digunakan oleh saudara-saudaranya yaitu platform TNGA-C. Dengan dimensi panjang bodi yang mencapai 4,46 meter, Corolla Cross hanya ditawarkan dengan penggerak roda dua.

Di sektor sumber tenaga, SUV ini dilengkapi dengan sistem hybrid dan mesin bensin 1800 cc yang bisa mengeluarkan tenaga kombinasi sebesar 122 dk. Konfigurasi ini sama dengan yang dimiliki dengan Prius dan CHR.

6. Toyota Camry Hybrid (Rp 809 juta*)

Toyota Camry merupakan sedan bongsor andalan Toyota di seluruh dunia, sejak pertama kali diperkenalkan di tahun 1982 Camry sudah terjual hampir 19 juta unit.

Tahun 2019 ini Toyota Indonesia menawarkan Camry hybrid yang juga menggunakan platform TNGA. Ditawarkan dengan mesin bensin 2,5 liter yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 176 daya kuda, camry ini juga dilengkapi dengan motor listrik dengan akumulasi tenaga yang bisa dihasilkan camry hybrid ini adalah 208 daya kuda. Namun toyota mengklaim Camry ini mengkonsumsi bahan bakar bisa hingga 1liter /20 km.

Camry ini ditawarkan dengan harga mulai dari 809 juta rupiah.

7. Toyota Alphard Hybrid (Rp 1,4 miliar*)

Kalau Alphard biasa dianggap sebagai mobil untuk keluarga mapan, maka Alphard ini bukan hanya untuk keluarga mapan saja, tapi juga keluarga mapan yang cinta lingkungan. Ya, toyota Alphard ini walaupun dijual lebih mahal yaitu sekitar 1,4 miliar namun Toyota Indonesia berani menawarkan Alphard ramah lingkungan ini ke pasar Indonesia.

Alphard hybrid ini dilengkapi dengan mesin 2.5 liter layaknya alphard biasa dan karena ini hybrid dilengkapi juga dengan dua mesin listrik yang dipasang di depan dan di gardan belakang seperti camry hybrid. Jadi secara total Alphard hybrid ini bisa mengeluarkan tenaga hingga 194 daya kuda. Baterainya sendiri menggunakan tipe baterai Nikel Hydride.

8. Mitsubishi Outlander PHEV (Rp 1,2 miliar*)

Pertama kali diperkenalkan di tahun 2014, Mitsubishi Outlander PHEV adalah jawaban Mitsubishi bahwa mobil SUV 4X4 pun bisa ramah lingkungan.

Outlander PHEV adalah mobil hybrid rechargable atau bisa diisi ulanng baterainya. Dilengkapi dengan dua mesin listrik di depan dan sumbu roda belakang menjadikan Outlander ini adalah mobil full time 4wd. Kedua mesin listriknya tersebut ditenagai oleh sebuah baterai besar yang ditempatkan di bagian tengah mobil.

Outlander PHEV ini mampu berjalan full elektrik hingga 52 km dan mampu melaju hingga kecepatan maksimum 135 km/jam berkat baterai jenis baru dengan kapasitas 13,8 kWh. Untuk mesin bensinnya, outlander ini menggunakan mesin 2400 cc yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 135 daya kuda ditambah dengan motor listrik bagian depan 81 dk dan 95 daya kuda yang dihasilkan motor listrik belakang jadi total outlander ini memiliki tenaga maksimal lebih dari 300 dk.

Namun begitu mobil ini dalam kondisi perkotaan kecepatan rendah dan stop and go, keiritan yang bisa dicapai bisa hingga 1 liter untuk 50 kilometer! Harga yang ditawarkan mitsubishi indonesia untuk SUV ramah lingkungan ini adalah sekitar 1,2 miliar.

9. BMW i8 (Rp 3,6 – 4 miliar*)

BMW i8 adalah sedan sport bertipe hybrid rechargeable yang pertama kali diperkenalkan di tahun 2014. Mobil ini dilengkapi dengan mesin bensin 3 silinder turbo TwinPower 1500cc yang dapat mengeluarkan tenaga hingga 231 daya kuda dan torsi 320 Nm. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan.

Karena hybrid, tidak lupa di sumbu roda depan i8 ini juga dipasang mesin listrik yang memiliki tenaga hingga 131 daya kuda dan torsi 250 Nm dilengkapi dengan transmisi 2 percepatan otomatis. Dengan kombinasi itu mobil ini memiliki tenaga total 326 dk dan akselerasi yang bisa diraih dari 0 ke 100 km/jam hanya 4 detik saja dan kecepatan tertingginya 250 km/jam.

Namun walaupun lumayan bertenaga, mobil ini hanya mengkonsumsi bahan bakar 2,5 liter / 100 km, atau 1 liter untuk 40 km. Memang dalam berkendara sehari-hari , mungkin sangat sulit mencapai angka tersebut namun setidaknya mobil ini sangatlah irit dibandingkan dengan tenaga yang bisa dikeluarkannya.

Untuk menyokong mesin listriknya, i8 dilengkapi dengan baterai Li-on yang dilengkapi dengan pendingin independen. Memiliki kapasitas 5 kWh yang mana mampu membawa mobil ini dalam mode elektrik melaju hingga sejauh 35 kilometer.

BMW i8 Roadster

BMW i8 ini sendiri saat ini tersedia juga versi roadster yang mana spesifikasinya hampir sama persis dengan i8 biasa hanya baterainya mengalami peningkatan yg asalnya hanya 5kWh, maka untuk versi roadster ini menjadi 11,6 kWh. Di Indonesia mobil ini ditawarkan dengan harga mulai 3,6 miliar hingga hampir 4 miliar untuk yang versi roadster.

>>>*Harga bisa bervariatif tergantung kelengkapan

Artikel Diperbaharui 08/08/2020

Add Comment