Menengok Besaran Bantuan Subsidi Pembelian Mobil Listrik Di Eropa – Perancis Paling Besar

Category: Mobil Hybrid, Mobil Listrik 135 0
Mobil listrik Renault Zoe

Saat ini Eropa adalah salah satu pasar terbesar mobil listrik setelah Cina, bahkan di Norwegia setengah mobil baru yang terjual saat ini adalah mobil listrik. Namun apabila kita melihat harga mobil listrik saat ini, sebuah mobil listrik paling murah masih lebih mahal apabila dibandingkan dengan mobil konvensional sejenis. Di lain sisi kebijakan Uni Eropa untuk meningkatkan kualitas udara dengan mengurangi pencemaran CO2 semakin diperketat. Oleh karena itu salah satu usaha pemerintah di negara-negara Uni Eropa untuk lebih mempercepat transisi alat transportasi ke kendaraan lebih ramah lingkungan adalah dengan cara memberikan subsidi bantuan pembelian mobil ramah lingkungan bagi warganya. Berikut beberapa negara di Eropa yang hingga kini masih memberikan subsidi bantuan pembelian mobil ramah lingkungan.

Perancis

Di negara Napoleon ini bantuan subsidi yang diberikan pada warganya bisa dibilang paling ‘murah hati’ dibandingkan dengan negara-negara lain di Eropa. Secara garis besar ada 2 bantuan utama yang bisa dinikmati warga Perancis untuk membeli mobil ramah lingkungan.

  1. Bonus Ekologis : Bonus ini diberikan secara otomatis apabila ingin membeli mobil ramah lingkungan tanpa melihat penghasilan si pemohon. Besarannya untuk mobil listrik baru sebesar 7000 euros ( Rp 120 juta) dan mobil bekas 1000 euros (Rp 17,4 juta). Sedangkan mobil Hybrid baru hanya 1000 euros (Rp 17,4 juta)
  2. Bonus Konversi : Bonus ini adalah bonus tambahan yang diberikan apabila kita bersedia menghancurkan mobil tua dengan tahun 2006 keatas untuk diganti dengan mobil ramah lingkungan. Bonus ini bisa digabungkan dengan bonus Ekologis. Besarnya bonus ini minimal 2500 euros (Rp 43 juta) dan maksimal 5000 euros (Rp 87 juta) tergantung penghasilan per tahun si pemohon bantuan.
  3. Bonus tambahan: di beberapa provinsi di wilayah Perancis terutama di area dimana polusi C02 nya sangat tinggi seperti di Bouches de Rhones, Perancis bagian selatan, bonus tambahan 5000 euros akan diberikan.

Jerman

Dengan penetapan rencana kebijakan penghapusan mobil bermesin konvensional di tahun 2030, Jerman adalah salah satu negara di Eropa yang juga lumayan banyak memberikan subsidi/ bantuan untuk pembelian mobil ramah lingkungan pada warganya.

  1. Bonus Pembelian Mobil baru: 4000 euros untuk mobil listrik dan 3000 euros untuk mobil hybrid. Namun bantuan ini hanya berlaku untuk mobil dengan harga diatas 60,000 euros.
  2. Bebas Pajak : Bebas pajak penggunaan mobil selama 10 tahun.

Norwegia

Pada awalnya pemerintah Norwegia berencana untuk menambah jumlah mobil listrik sebanyak 100 ribu unit sebelum tahun 2020 berakhir, namun ternyata pada 2017 target ini telah tercapai. Pencapaian ini bisa dibilang luar biasa mengingat jumlah penduduk Norwegia yang ‘hanya’ 6 juta penduduk. Begitupun dengan bantuan yang bisa dibilang tidak terlalu banyak dengan negara lain di Eropa.

  1. Bebas Pajak pembelian mobil listrik baru.
  2. Diskon Pajak Sirkulasi. Pajak mobil listrik hanya berkisar 455 krone, bandingkan dengan pajak sirkulasi mobil konvensional yang berkisar di angka 3290 krone.
  3. Diskon pajak 50% untuk mobil elektrik niaga.

Belanda

Negara kincir angin ini berencana untuk menghilangkan mobil konvensional pada tahun 2035. Negara ini juga adalah negara di Eropa yang paling banyak memiliki Stasiun pengisian daya mobil listrik dibandingkan dengan negara-negara tetangganya.

  1. Bebas Pajak Pembelian: pembebasan pajak pembelian mobil listrik dan hybrid.
  2. Bebas Pajak sirkulasi untuk mobil listrik dan diskon 50% untuk mobil hybrid.
  3. Potongan pajak untuk mobil niaga elektrik sebesar 4% dan 22% untuk hybrid.

Inggris

Pemerintah Inggris telah menyediakan dana sebesar 290 juta poundsterling untuk mendukung industri kendaraan ramah lingkungan, yang mana sebesar 80 juta poundsterling hanya untuk pembangunan infrastruktur mobil listrik.

  1. Bonus pembelian : Bonus yang dinamakan ‘Plug in Grant’ ini adalah berupa subsidi 35 % dari harga mobil listrik dengan besaran maksimal bonus sebesar 4500 poundsterling.
  2. Bebas Pajak: Semua mobil listrik dengan harga kurang dari 40 ribu pounds dikenakan bebas pajak sirkulasi tahunan.

Belgia

Salah satu negara yang pertama menerapkan bantuan/subsidi bagi warganya.

  1. Bonus pembelian : 4000 euros untuk pembelian pribadi (non niaga).
  2. Bebas pajak tahunan.Kecuali mobil hybrid yang akan dikenakan pajak dengan potongan hingga 70 %.

Apabila kita lihat bantuan/subsidi untuk pembelian mobil ramah lingkungan yang diberlakukan di beberapa negara diatas, Perancis adalah negara yang paling banyak memberikan subsidi bagi warganya dibandingkan dengan negara lain di Eropa.

Perlu dicatat juga, selain bonus-bonus tersebut, di beberapa negara atau pemerintah daerah, mobil listrik juga diberikan kemudahan-kemudahan lain seperti misalnya pembuatan surat kendaraan gratis, biaya parkir dalam kota gratis, tol gratis atau bahkan stasiun pengisian daya bebas biaya.

Related Articles

Add Comment