Perkembangan Mobil Hybrid Di Dunia

Kalau berbicara mobil hybrid, layaknya mobil listrik, seakan-akan adalah penemuan canggih yang baru ditemukan beberapa tahun belakangan ini. Kenyataannya mobil hybrid sudah dibuat sejak seratus tahun yang lalu. Oleh karena itu pada artikel ini kami akan membahas perkembangan mobil hybrid yang terjadi selama ini di seluruh dunia.

The Mixte

Percaya atau tidak, kalau selama ini kebanyakan orang akan berpikir kalau Toyota adalah pelopor mobil hybrid dunia, kenyataan yang pertama kali membuat mobil hybrid adalah Ferdinand Porsche.

Pada tahun 1899 pendiri pabrikan mobil Prosche ini, berhasil membuat mobil hybrid yang pada saat itu disebut dengan mobil dengan sistem Lohner-Porsche mixte. Yang unik, apabila pada mobil hybrid sekarang tenaga listrik yang digunakan mesin listrik berasal dari baterainya, maka mobil Ferdinand Porsche ini menggunakan mesin konvensional untuk mengaliri listrik pada kedua mesin listrik mobil buatannya. Pada saat itu mobil ini hanya berhasil terjual 300 unit, karena tidak mampu membendung popularitas mobil Ford T buatan Henry Ford yang saat itu ditawarkan dengan harga yang relatif lebih rendah.

Kendaraan Ramah Lingkungan

Pada tahun 1960 di Amerika Serikat isu kendaraan ramah lingkungan mulai populer digalakkan agar mengurangi polusi yang pada saat itu sudah mulai mengkhawatirkan. Ditambah lagi pada tahun 1973 ketika Arab meberlakukan embargo yang menyebabkan harga minyak mentah melambung tinggi, membuat orang mulai berpikir untuk menggunakan mobil yang lebih ringkas, kecil dan hemat BBM.

Sejak saat itu trend mobil di Amerika Serikat berubah, mobil-mobil kecil dan hemat BBM menjadi lebih populer. Mobil-mobil buatan Jepang seperti Toyota Camry atau Honda Civic laku terjual dan teknologi pun berubah dari penggunaan karburator menjadi sistem injeksi.

Tahun 1990

Pada tahun 90-an, pabrikan otomotif seperti General Motors dan Toyota mulai berusaha membuat mobil listrik sebagai usaha untuk mengurangi polusi udara. GM memperkenalkan mobil listrik pertamanya EV1 dan Toyota memperkenalkan RV4 EV, yang sayang dalam perjalanannya tidak diproduksi lama karena tidak menguntungkan bagi kedua perusahaan tersebut.

Baru pada tahun 1997 Toyota memperkenalkan mobil hybrid pertama mereka yang dinamakan Prius. Mobil ini adalah mobil hybrid produksi masal pertama di dunia. Prius generasi pertama ini dilengkapi dengan mesin bensin 1500cc bertenaga 70 daya kuda dan mesin listrik bertenaga 44 daya kuda. Dengan konfigurasi tersebut Prius generasi pertama ini hanya mengkonsumsi bahan bakar 1: 28 kilometer.

Setelah itu pada tahun 1999 Honda memperkenalkan mobil hybrid pertama mereka yang dinamakan Honda Insight. Mobil ini pada saat diluncurkan sudah banyak menarik perhatian publik pada saat itu, bukan hanya mobil ini memiliki hambatan angin atau coefficient drag yang hanya 0,25, yang mana rekor yang paling rendah saat itu, tapi juga mobil ini memiliki bobot yang lumayan ringan yaitu hanya sekitar 890 kilogram. Padahal mobil ini dilengkapi dengan dua mesin dan sebuah baterai yang seharusnya lebih berat dibandingkan dengan mobil biasa.

Selain itu pada sektor mesin, Honda Insight menggunakan mesin bensin 3 silinder 1000 cc yang bisa mengeluarkan tenaga hingga 72 daya kuda. Sedangkan mesin listrik yang digunakan mobil ini adalah mesin listrik bertenaga 14 daya kuda. Mesin ini disokong oleh sebuah baterai berjenis Nickel-hydrure metalic (Nimh) 144 volt DC. Dengan konfigurasi tersebut Honda insight hanya mengkonsumsi bahan bakar 1: 25 kilometer yang mana pada saat itu cukup revolusioner.

Tahun 2000-an

Saat ini mobil hybrid berhasil mengambil popularitasnya kembali sejak pertama kali mobil hybrid diperkenalkan oleh Ferdinand Porsche. Bahkan saat ini hampir semua pabrikan otomotif dunia membuat mobil hybrid dengan teknologi mereka masing-masing. Walaupun begitu Toyota hingga saat ini sering disebut sebagai perusahaan pionir yang memproduksi mobil hybrid dengan Toyota Priusnya. Bahkan hingga saat ini Toyota mengukuhkan sebagai produsen mobil hybrid terbesar dengan total penjualan hingga saat ini 15 juta unit di seluruh dunia.