Perawatan Mobil Listrik Lebih Gampang?

Mobil listrik dibandingkan dengan mobil konvensional dengan mesin bakar relatif lebih sederhana dalam hal perawatan. Dalam sebuah mobil listrik komponen-komponen yang digunakan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan mobil normal, lazimnya secara garis besar sebuah mobil listrik memiliki satu atau dua mesin listrik, satu baterai, beberapa komponen elektronik dan sistem transmisi tanpa menggunakan girboks.

Apabila dilihat dari karakteristik mesin listrik dan mesin bensin atau diesel saja, mesin listrik jauh lebih tahan lama dan perawatan yang hampir tidak ada atau maintenance free.

Baca juga : Mobil listrik lebih hemat daripada mobil biasa?

Sedangkan pada mesin bensin atau diesel ada banyak perawatan atau penggantian komponen/ spare part yang biasanya pada jangka waktu tertentu harus diganti agar mesin dapat bekerja optimal. Contohnya saja; Ganti oil, ganti timming belt/rantai, ganti busi dll.

Satu hal catatan juga pada kebanyakan mobil listrik mampu menghasilkan energi pada saat deselerasi dan ini imbasnya juga berkurangnya perawatan kampas rem karena kerja rem pada mobil listrik jauh lebih ringan sehingga umur pakainya pun lebih panjang dibandingkan dengan mobil biasa.

Walaupun begitu mobil listrik bukan berarti benar-benar bebas perawatan , pada beberapa pabrikan mobil mengharuskan mobil listriknya melakukan pemeriksaan secara berkala terutama kondisi baterai pada setiap tahun. Beberapa komponen mobil liustrik yang biasanya harus dicek setiap kali melakukan perawatan.

1. Baterai.

Baterai adalah komponen vital di sebuah mobil listrik, namun baterai juga tidak mampu bertahan selamanya. Pada dasarnya baterai mobil listrik tidak memerlukan perawatan khusus dan reguler karena biasanya sebuah baterai mobil listrik mampu bertahan hingga selama 10 tahun atau antara 160 ribu hingga 240 ribu kilometer pemakaian.

2. Kampas Rem.

Seperti yang telah disebutkan diatas, karena kebanyakan mobil listrik memiliki sistem untuk menghasilkan energi ketika deselerasi yang mana mobil listrik akan sedikit tertahan ketika melambat dan otomatis kerja rem khususnya kampas rem akan semakin ringan.

3. Cairan

Mobil listrik juga memiliki 3 cairan yang harus dicek setiap kali perawatan yaitu cairan pendingin, minyak rem dan air wiper. Namun beberapa merek mobil listrik memiliki pendingin khusus untuk beberapa komponennya seperti misalnya Tesla model S yang memiliki cairan pendingin pada transmisinya yang mengharuskan diganti pada interval tertentu.

Walupun memang baik mobil listrik maupun mobil konvensional mengharuskan perawatan secara reguler, namun bisa kita lihat secara umum mobil listrik perawatannya jauh lebih sederhana. Jadi apabila kita memutuskan akan membeli mobil listrik maka keuntungan dalam hal perawatannya sangat patut dipertimbangkan.