Mobil Listrik Fiat

FIAT atau Fabbrica Italiana Automobili Torino merupakan pabrikan otomotif asal Italia yang pertama kali didirikan pada tahun 1899. Perusahaan ini didirikan dengan tujuan untuk menciptakan mobil yang bisa menyaingi mobil-mobil buatan Jerman dan Perancis yang saat itu mulai dikenal.

Di sektor kendaraan ramah lingkungan, Fiat bisa dibilang agak terlambat dibandingkan dengan pabrikan lain yang terlebih dahulu sudah mengeluarkan mobil listrik. Namun pada tahun 2020 pabrikan Italia ini akhirnya mengeluarkan model Fiat 500 elektrik, yang kemudian akan disusul oleh Fiat Panda elektrik yang rencananya akan diluncurkan pada tahun 2023.

Fiat 500e

Untuk memasuki pasar mobil listrik, Fiat meluncurkan mobil listrik dengan menggunakan desain yang telah populer yakni Fiat 500. Mobil yang dinamakan dengan tambahan emblem ‘e’ ini pertama kali diperkenalkan pada bulan Maret 2020 lalu. Seharusnya mobil ini juga akan dipamerkan pada pameran otomotif bergengsi di kota Jenewa, Swiss pada tahun yang sama. Namun karena pandemi Covid peluncuran tersebut dialihkan ke media online.

Fiat 500e walaupun sepintas memiliki desain yang sama dengan Fiat 500 konvensional, namun mobil ini dibuat dengan menggunakan platform yang benar-benar baru. Kabarnya Fiat telah menggelontorkan 700 juta euros untuk membuat platform yang khusus diperuntukkan untuk mobil elektrik ini.

Fiat 500e di Eropa ditawarkan dengan dua pilihan kapasitas baterai : 23,7 kWh dan 42 kWh. Baterai ini kemudian dipasangkan dengan sebuah mesin listrik yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 118 dk dan torsi 220 Nm. Dengan konfigurasi ini Fiat 500e bisa berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 9 detik, sedangkan kecepatan maksimalnya dibatasi hingga 150 km/jam saja.

Berbicara jarak tempuh, untuk baterai dengan kapasitas 42 kWh, mobil ini bisa melaju hingga 300 km menurut siklus WLTP. Sedangkan untuk versi 23,8 kWh, mobil ini bisa menempuh jarak maksimal hingga 240 kilometer untuk sekali baterai penuh.

Untuk urusan pengecasan Fiat 500e dilengkapi dengan konektor Combo CCS yang berlokasi di bagian sisi kanan mobil. Dengan konektor ini mobil bisa dicas dengan pengecasan 85 kW dan mampu dicas dari 0 ke 80% dalam waktu 35 menit.

Di Eropa mobil ini dijual dengan harga mulai dari 24.900 euros atau sekitar Rp 433 juta untuk model terendahnya.