Tesla Cybertruck Akhirnya Resmi Dijual

Category: Berita, Truk listrik 13 0

Setelah 4 tahun sejak launching perdana, mobil pickup buatan Tesla yang dinamakan Cybertruck akhirnya resmi dipasarkan. Acara peluncurannya sendiri diadakan pada tanggal 30 November 2023 lalu sekaligus juga penyerahan 10 unit pertama kepada konsumen Amerika yang sudah memesan jauh-jauh hari.

Pada acara tersebut juga akhirnya publik dapat mengetahui spesifikasi lebih detail dari Tesla Cybertruck, karena pada 4 tahun lalu elon musk belum mengumumkan secara detail spesifikasi dari tesla Cybertruck ini.

Cybertruck akan dijual dalam beberapa versi :

  • Single Motor dengan penggerak belakang. Pada model ini hanya dilengkapi dengan satu mesin listrik dan sayangnya baru akan dijual di tahun 2025. Model ini memiliki jarak tempuh maksimal hingga 400 km dan kecepatan tertinggi bisa mencapai 180 km/jam dan akselerasi dari 0 – 100 km/jam hanya dalam 6,7 detik saja. harga yang ditawarkan mulai dari 60,000 USD;
  • Dual Motor All wheel drive. Model ini dilengkapi dua mesin elektrik dan berpenggerak 4 roda. Jarak tempuh yang ditawarkan pada model ini adalah 547 km dengan tenaga maksimal hingga 600 dk dan akselerasi dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam waktu 4,3 detik. Harga yang ditawarkan untuk model ini adalah 80,000 USD.
  • Cyberbeast. Model paling ekstrim dari Cybertruck, ditawarkan mulai dari 99,000 USD, model ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 845 dk dan berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam waktu 2,7 detik saja. Model ini dapat menjangkau jarak sejauh 515 km.

Tesla mengumumkan juga akan menjual opsi tambahan yang dinamakan ‘Range Extender’ dimana opsi ini berguna untuk menambah jarak tempuh dengan menambahkan batterai tambahan di bagian bak belakang cybertruck apabila memang kendaraan digunakan untuk jarak yang lumayan jauh.

Selain itu Pickup cybertruck dilengkapi dengan keistimewaan lain yaitu dilengkapi dengan sistem yang dinamakan ‘Powershare’. Sistem ini mampu mengalihkan daya listrik yang ada pada Cybertrcuk untuk digunakan sebagai sumber kelistrikan untuk penggunaan kebutuhan misalnya pada pekerjaan proyek di lapangan, untuk rumah atau bahkan untuk mengecas mobil listrik lain. Untuk tujuan inilah kenapa Cybertrcuk dilengkapi dengan 5 colokan listrik.

Tesla mengklaim dengan teknologi ‘Powershare’ ini Cybertruck dapat memberikan energi listrik sebuah rumah dalam 3 hari nonstop, dengan asumsi konsumsi listrik 30 kWh per hari.

Related Articles

Add Comment