Toyota Memperkenalkan SUV Listrik bZ4X

Category: Berita, Mobil Listrik 130 0

Di acara pameran otomotif yang sedang berlangsung saat ini di kota Shanghai, RRT, Toyota memperkenalkan mobil konsep SUV elektrik yang diberi nama Toyota bZ4x. Peluncuran SUV ini juga menandai bahwa Toyota resmi memperkenalkan model khusus elektrik dengan penamaan ‘bz’ singkatan dari Beyond Zero. Rencananya selain SUV ini, Toyota akan meluncurkan juga sedan bZ1 hingga bZ5, dan juga bZ1x hingga bZ5X untuk kategori SUV dan crossover.

SUV listrik pertama dari Toyota ini menggunakan platform yang dinamakan e-TNGA yang khusus diperuntukkan untuk mobil listrik namun digunakan juga di beberapa model Lexus dan Subaru. bZ4X sepintas masih memiliki garis khas bodi Lexus namun dengan bumper depan yang memiliki desain besar, hal ini tentu saja karena minimnya saluran udara yang diperlukan oleh mobil ini, tidak seperti mobil konvensional kebanyakan.

Dibagian interior, yang paling mencolok dari SUV ini adalah desain setir model Yoke, yang mana sedikit mengingatkan setir yang akan digunakan pada model terbaru Tesla yang juga dikabarkan akan memiliki model setir Yoke. Dengan desain setir seperti ini, dan juga tampilan indikator yang full digital membuat kesan interior mobil ini terlihat sangat futuristik. Selain itu nantinya SUV in akan menggunakan teknologi steer by wire, artinya pergerakan kemudi akan sepenuhnya dikontrol oleh elektronik tanpa proses mekanis seperti setir kebanyakan.

Di sektor penyimpan daya listrik dan mesinnya, Toyota masih belum memberikan informasi secara lengkap, jadi kita tidak bisa tahu seberapa jauh jarak yang bisa dtempuh oleh mobil SUV elektrik ini. Namun Toyota mengungkapkan jika mobil ini akan memiliki panel surya agar jarak tempuhnya semakin jauh. Kita tunggu saja nanti akan seperti apa versi jalan raya dari mobil SUV elektrik ini, yang rencananya akan dijual pada akhir tahun depan.

Related Articles

Add Comment