Nio Bangun Stasiun Penggantian Baterai Paling Baru

Category: Baterai, Berita 99 0

Pabrikan mobil listrik asal Cina, Nio baru saja meresmikan stasiun penggantian baterai mobil listrik generasi kedua yang diklaim mampu mengganti sebanyak 312 baterai dalam setiap harinya. Stasiun yang dinamakan Power Swap Stations ini merupakan pionir dalam hal melakukan pengisian daya pada mobil listrik namun tanpa harus menunggu berjam-jam untuk mengecas baterai.

Semua proses penggantian baterai pada stasiun ini berjalan secara otomatis, bahkan pengemudi tidak harus turun dari mobilnya cukup dengan melakukan menekan layar sentuh pada layar di dashboard. Kemudian baterai akan ditukar dengan baterai yang sudah dicas penuh sebelumnya. Nio mengklaim seluruh proses penggantian baterai ini hanya berlangsung selama beberapa menit saja.

Saat ini stasiun ini hanya bisa mengganti baterai untuk kendaraan listrik khusus buatan Nio, tentu saja karena setiap mobil listrik memiliki desain dan platform yang berbeda-beda. Namun bukan tidak mungkin konsep pengggantian baterai ini bisa juga diterapkan untuk semua kendaraan listrik, namun tentu saja harus ada standar penempatan baterai universal/ atau yang sama di setiap kendaraan listrik agar nantinya yang bisa menggunakan stasiun seperti yang dibuat Nio ini.

Related Articles

Add Comment