Balapan SUV Elektrik Di Gelar Di Saudi Arabia

Category: Berita, Mobil Listrik 4 0

Maraknya kendaraan listrik sebagai kendaraan alternatif ramah lingkungan ternyata berimbas pula pada kegiatan balapan otomotif dunia. Selain balapan Formula E yang memang sudah eksis beberapa tahun belakangan ini, baru-baru ini digelar pula untuk pertama kalinya balapan SUV elektrik di gurun pasir Arab Saudi.

Balapan yang dinamakan dengan Champion Extreme E ini adalah balapan otomotif khusus SUV 100 persen elektrik dengan spesifikasi mirip dengan mobil rally dakar. Untuk gelaran pertama ini balapan dimenangkan oleh team Rosberg X Racing yang juga dimiliki pembalap kawakan Nico Rosberg. Beberapa pembalap yang terlibat adalah pembalap kenamaan seperti misalnya saja Sebastien Loeb yang menjuarai beberapa kali balapan Rally WRC.

Mobil SUV yang digunakan 9 team pada balapan ini adalah buatan Spark racing Technology yang memang memiliki reputasi sebagai pembuat mobil Formula E. Mobil yang diberi nama Odyssey 21 ini memiliki berat 1650 kg, dan dibekali dengan mesin listrik yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 550 daya kuda. Dengan mesin ini mobil dapat berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 4,5 detik. Sayangnya Spark Racing merahasiakan jenis maupun kapasitas baterai yang digunakan pada mobil ini.

Extreme E selain memamerkan teknologi SUV elektrik paling canggih, balapan ini juga akan mengemban misi untuk menyelamatkan lingkungan dunia.Untuk seri berikutnya balapan ini akan diadakan di lokasi yang rawan terkena dampak oleh perubahan iklim dunia, seperti misalnya Hutan Amazon di Brasil, Lands of fire di Argentina dan Danau Merah di Senegal.

Bukan hanya itu balapan ini juga digelar dengan memperhatikan aspek dan dampak pada lingkungan. Salah satu contohnya setiap logistik masing-masing tim akan dikirim melalui perahu untuk mengurangi emisi karbon, selain itu panitia juga membanguan stasiun pengisian listrik menggunakan hidrogen. Selain itu semua pihak yang berpartisipasi dalam gelaran balapan ini termasuk pembalapnya, melakukan pembersihan sampah di pantai di Arab Saudi yang dilakukan pada akhir minggu lalu.

Berikut Jadwal Extreme E tahun 2021

  • 29-30 Mei : Danau Merah -Senegal
  • 28-29 Agustus :Kangerlussuaq – Greenland
  • 23-24 Oktober : Santarem -Brasil
  • 11-12 Desember : Lands of Fire – Argentina

Related Articles

Add Comment