Renault Zoe Akan Dijual Di Indonesia?

Category: Berita, Nasional 161 0
Renault Zoe generasi kedua.

Prestige Motorcars selaku pemegang merek Renault di Indonesia dikabarkan akan meluncurkan mobil listrik baru dalam waktu dekat ini. Berdasarkan informasi yang dikutip dari medcom.id, bos Prestige Motorcars Rudy Salim baru-baru ini Di Jakarta mengungkapkan jika ia akan meluncurkan mobil listrik baru dari merek Renault pada acara pameran IIMS yang akan dilangsungkan pada bulan April mendatang.

Besar kemungkinan mobil listrik yang dimaksud adalah Renault Zoe, karena mobil listrik tersebut saat ini sudah dipamerkan di ruang pamer Prestige Motorcars di kawasan Pluit. Sebelumnya importir ini juga sudah memperkenalkan mobil listrik mungil 2 penumpang buatan Renault juga yaitu Twizy.

Renault Zoe adalah mobil listrik urban 5 penumpang yang sempat dinobatkan sebagai mobil listrik paling laku di di Eropa selama bertahun-tahun sebelum pada akhir tahun 2020 lalu dikalahkan oleh Volkswagen ID.3. Namun Renault Zoe sendiri hingga saat ini adalah mobil listrik yang juga paling laku di negara asalnya Perancis dengan total penjualan lebih dari 70 ribu unit sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2013. Mobil ini sendiri merupakan salah satu mobil listrik yang dibuat sebagai bagian dari strategi Renault untuk memasuki pasar mobil ramah lingkungan. Selain Zoe, pada waktu itu juga Renault meluncurkan Renault Twizy dan Kangoo ZE (blind van).

Renault Zoe generasi pertama

Saat ini di Eropa Renault Zoe sudah memasuki generasi ke yang kedua. Pada generasi pertama mobil ini dilengkapi dengan mesin listrik bertenaga 88 dk dan disandingkan dengan baterai berkapasitas 22 Kwh. Dengan konfigurasi seperti itu, Zoe generasi pertama ini bisa menempuh jarak maksimal sejauh 210 km. Pada tahun 2017 Renault melakukan beberapa perubahan terutama pada peningkatan kapasitas baterai yang menjadi 41 kWh dibanding baterai sebelumnya yang hanya 22 kWh, berkat baterai ini Zoe bisa dibawa melaju hingga 300 kilometer.

Interior renault Zoe

Baru pada tahun 2019 Zoe generasi kedua resmi diluncurkan, pada generasi kedua ini, mobil listrik perkotaan ini tidak hanya mengalami perubahan pada tampilan luar seperti desain lampu yang lebih modern, namun juga dilengkapi dengan baterai dan mesin listrik yang jauh lebih bertenaga. Pada Zoe generasi ini baterai yang dipasang memiliki kapasitas 52 kWh yang mana tentu saja jarak tempuh yang bisa diraih menjadi semakin meningkat, mobil ini untuk sekali baterai penuh bisa menempuh jarak sejauh 390 kilometer. Begitupun dengan mesinnya kali ini juga memiliki peningkatan tenaga menjadi 135 dk.

Di Perancis saat ini mobil ini dijual dengan harga mulai dari 32,500 euros dengan model yang paling rendah dan bisa mencapai harga Rp 38,800 euros untuk model yang paling tinggi. Selain itu apabila dikurangi dengan beberapa skema bantuan yang diberikan pemerintah Perancis untuk membeli mobil listrik yang totalnya bisa mencapai maksimal 12,500 euros, maka mobil ini bisa dibeli dengan 20,000 euros untuk tipe yang terendah.

Related Articles

Add Comment