Chip Semikonduktor Langka, Nio Berhenti Produksi

Category: Mobil Listrik 12 0

Gara-gara langkanya chip semikonduktor di pasar dunia, pabrikan mobil listrik asal Cina, Nio memberhentikan sementara pabrik perakitannya selama 5 hari.

Kabar ini disampaikan sendiri secara resmi melalui rilis perusahaan Nio yang menyatakan bahwa mereka memutuskan menyetop aktifitas pabrik di Hefei, Cina mulai dari tanggal 29 Maret hingga 2 April karena kekurangan pasokan chip semikonduktor.

Nio bukanlah perusahaan yang pertama yang menghentikan aktifitasnya karea langkanya chip di pasar dunia. Sebelumnya juga pabrikan Amerika Serikat General Motors sempat menghentikan pabrik perakitannya di Wentzville dan Lancing karena masalah yang sama.

Chip semikonduktor pada mobil digunakan sebagai salah satu komponen penting pada Electronic Control Unit yang berfungsi sebagai ‘otak’ yang mengatur fungsi semua bagian elektronik yang ada pada sebuah mobil agar dapat berjalan sebagaimana mestinya. Sayangnya bukan hanya industri mobil yang membutuhkan alat ini, namun industri-industri lain pun membutuhkan chip ini, yang salah satunya adalah industri elektronik seperti Video Game dan kartu grafik pada laptop atau PC.

Related Articles

Add Comment