Tanpa Mobil Listrik Ini, Mungkin Tesla Tidak Akan Pernah Ada

Category: Berita, Mobil Listrik 79 0

Tesla adalah pabrikan mobil listrik yang saat ini bisa dibilang paling populer dibandingkan pabrikan lain. Bukan hanya Tesla adalah pelopor mobil listrik masa kini, namun juga kharisma dan kejeniusan dari Bosnya Elon Musk banyak dikagumi banyak orang. Walaupun begitu, ternyata ada cerita unik dibalik berdirinya Tesla.

Menurut Elon Musk seperti yang dikutip pada media online business Insider, besar kemungkinan perusahaan Tesla tidak akan pernah ada tanpa sebuah mobil listrik mungil yang dinamakan tZero. Mobil prototipe yang dibuat pada tahun 1997 ini, menurut Elon menginspirasi dia untuk membuat perusahaan pembuat mobil listrik yang sekarang bernama Tesla.

Menurut cerita Elon, pada sekitar tahun 2003 ia ditawari oleh temannya yang juga salah satu karyawannya di perusahaan Space X untuk melakukan test drive pada sebuah mobil listrik listrik mungil tZero yang dibuat oleh dua insinyur yang bernama Tom Gage dan Alan Cocconi. Mobil listrik tersebut dibekali dengan baterai lithium-ion dan mampu berakselerasi dari 0 ke 100km/jam dalam waktu 3,6 detik saja.

Setelah melakukan test drive rupanya Elon Musk sangat terkesan dengan mobil tZero tersebut. Bahkan ia menawarkan pada para pembuatnya untuk memproduksi secara masal mobil buatannya, namun kedua pembuatnya menolak tawaran bos Tesla tersebut. Pada akhirnya Elon Musk menawarkan agar ia yang membuat dan memasarkan mobil listrik sejenis, dan uniknya Alan cocconi dan Tom Gage menyetujuinya dan malah mengenalkan Elon Musk pada temannya yang pada saat itu pendiri awal dari Tesla yaitu Martin Eberhard, Marc Tarpenning dan Ian Wright.

>>> Baca juga sejarah berdirinya Tesla

Pada akhirnya Elon Musk menginvestasikan uangnya sebesar 6,3 juta dolar untuk mendirikan perusahaan Tesla. Perlu waktu 4 tahun bagi Elon untuk membuat mobil listrik pertama mereka yang dinamakan, Tesla Roadster, yang mana entah sengaja atau tidak memiliki spesifikasi yang sama persis dengan mobil tZero. Bisa dipacu dari 0 ke 100 km/jam dalam 3,6 detik, menggunakan baterai li-on dan bisa menempuh jarak sejauh 300 miles. Pada saat itu Tesla berhasil menjual Tesla Roadster sebanyak 2500 unit dan biaya yang dibutuhkan untuk setiap unitnya adalah 150 ribu dolar amerika.

Related Articles

Add Comment