Eropa Menjadi Pasar Utama Mobil Listrik Dunia

Category: Berita, Mobil Listrik 4 0

Pada tahun 2020, penjualan mobil listrik di dunia tercatat setengahnya adalah penjualan mobil listrik di Eropa. Dipekirakan sebanyak 1,4 juta unit mobil listrik terjual di benua biru tersebut, bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya terjadi peningkatan penjualan sebanyak 137%. Dengan demikian untuk pertama kalinya Eropa mengalahkan Cina sebagai pasar mobil listrik dunia.

Hal menarik lainnya juga adalah, di Eropa adalah pasar dimana terdapat variasi model mobil listrik yang paling banyak dibandingkan dengan negara-negara lain. Tahun 2020 tercatat ada 65 variasi model mobil listrik dari berbagai merek yang diluncurkan, pada tahun ini diperkirakan akan ada 99 model baru yang akan diluncurkan ke pasar.

Meningkatnya penjualan mobil listrik di Eropa tentu saja dipengaruhi oleh kebijakan Uni eropa mengenai emisi CO2 yang yang sangat ketat, bukan hanya itu kebijakan-kebijakan lokal di setiap negara anggota Uni eropa pun semakin mempersulit berkembangnya penjualan mobil konvensional dengan alasan meningkatkan kualitas udara perkotaan. Jadi tidak ada pilihan bagi para pelaku industri otomotif selain untuk membuat mobil ramah lingkungan dan menjualnya sebanyak mungkin.

Selain itu agresifnya pemerintah di sebagian besar negara di Eropa untuk memberikan bantuan atau subsidi pembelian mobil ramah lingkungan menjadi faktor meingkatnya penjualan mobil listrik. Sebagai contoh Perancis yang terhitung sangat ‘murah hati’ memberikan subsidi, diketahui memberikan bantuan langsung pembelian mobil listrik baru hingga 12 ribu euros (210 juta rupiah) tanpa melihat penghasilan warganya.

Tags:

Related Articles

Add Comment