Di Cina Mobil Listrik Ini Mengalahkan Penjualan Tesla

Category: Mobil Listrik 5 0
mobil listrik cina wuling

Mirip pertarungan antara Daud dan Goliat, mobil listrik murah yang dinamakan Hong Guan Mini EV yang diluncurkan pada tahun lalu mendulang kesuksesan dengan total penjualan pada bulan Januari 2021 saja menurut Asosiasi Kendaraan Bermotor di Cina terjual sebanyak 25,778 unit. Tesla Model 3 untuk waktu yang sama berhasil terjual 13,843 unit saja.

Hong Guan di Cina dibanderol mulai dari4,500 dollar, sedangkan Tesla dijual dengan harga mulai 35,000 dollar. Mobil yang merupakan buah kerjasama antara General Motors dan SAIC motor yang juga pemilik merek Wuling ini, pada awalnya tidak menargetkan akan dihadapkan langsung dengan mobil listrik premium seperti Tesla. Namun rupanya Hong Guan Mini EV cukup diterima oleh konsumen Cina yang yang salah satu daya tariknya adalah harganya yang cukup murah.

Hong Guan sendiri bisa dibilang bukan mobil yang memiliki ruang dalam yang luas. Mobil ini memiliki daya tampung maksimal 4 orang, itupun dengan ruang kaki yang cukup terbatas. Mobil ini memiliki jarak tempuh maksimal 170 kilometer saja, dan kecepatan tertingginya kurang dari 100km/jam.

Apabila angka penjualan Hong Guan terus meningkat di tahun ini, bukan tidak mungkin mobil ini akan menjadi mobil listrik paling laku kedua di dunia setelah Tesla. Wuling sendiri dikabarkan sedang melakukan pembicaraan dengan perusahaan asal Lithuania untuk membahas kemungkinan menjual Hong Guan di benua Eropa.

Related Articles

Add Comment