Setengah Penjualan Mobil Baru Di Norwegia Adalah Mobil Listrik

Category: Berita, Mobil Listrik 4 0

Pada tahun 2020 kemarin Norwegia mencatatkan penjualan mobil listrik sebanyak lebih dari 50 persen dari total penjualan kendaraan pada tahun tersebut. Fakta tersebut menjadikan Norwegia satu-satunya negara di dunia yang berhasil dalam pencapaian tersebut.

Menurut Badan transportasi setempat, penjualan mobil listrik di negara nordik tersebut di tahun 2020 mencapai angka 54,3%. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya berkisar di angka 42,4%. Adapun mobil listrik yang laris penjualannya adalah Audi e-tron, tesla Model 3, Volkswagen ID.3 dan Nissan Leaf. Satu-satunya mobil non elektrik yang angka penjualannya mendekati 5 besar adalah VW Golf Hybrid.

Perlu diketahui Norwegia adalah negara yang sumber listriknya sebagian besar dihasilkan oleh pembangkit listrik bertenaga air (PLTA). Selain itu negara ini juga adalah salah satu negara di Eropa yang pemerintahnya agresif memberikan insentif fiskal bagi masyarakatnya untuk membeli mobil ramah lingkungan. Pemerintah Norwegia menargetkan pada tahun 2035 seluruh penjualan mobil baru adalah mobil elektrik.

Related Articles

Add Comment