Beginilah Tampang SUV Elektrik Hyundai Terbaru

Category: Mobil Listrik 69 0

Seperti diberitakan sebelumnya Hyundai dikabarkan sedang bersiap-siap mengeluarkan SUV elektrik terbaru mereka yang dinamakan Ioniq 5. Bahkan saat ini di Eropa pabrikan korea selatan tersebut telah membuka pesanan untuk mobil barunya tersebut.

Ioniq 5 pertama kali diperkenlakan di pameran otomotif di Frankfurt, Jerman pada tahun 2019. Dengan bergaya neo-retro, ioniq 5 memiliki desain yang terinspirasi dari sedan kompak Hyundai Pony yang sempat terkenal di era 70 hingga 90an. Dengan desain lampu led kecil berbentuk kotak, ioniq sangat mirip dengan prototipenya yang dipamerkan di Frankfurt.

Disisi dimensi mobil ini memiliki panjang 45 cm lebih panjang dibandingkan dengan Kona elektrik. Begitupun dengan kapasitas bagasi, ioniq 5 memiliki kapasitas bagasi 531 liter atau lebih besar dibandingkan kona yang hanya berkapasitas 332 liter.

Rencananya ioniq 5 akan ditawarkan dalam 2 pilihan kapasitas baterai. 58 kWh dan 72,6 kWh. Sedangkan untuk pemasok tenaga, mobil ini dibekali dengan motor listrik dengan tenaga 125 kW dan torsi 350 Nm yang dipasang di sumbu roda belakang. Dengan konfigurasi seperti itu, ioniq 5 mampu dipacu hingga 100 km/jam dalam waktu 8,5 detik. Untuk versi yang paling tinggi, disediakan juga mesin listrik dengan tenaga 155 kW dan torsi 605 Nm, yang mana untuk versi ini bisa dipacu dari 0 ke 100 km/jam dalam 5,2 detik saja. Kecapatan maksimal mobil dibatasi hanya hingga 185 km/jam. Perlu diketahui juga ioniq 5 akan menggunakan platform baru milik Hyundai yang dinamakan e-GMP, yang juga nantinya akan digunakan seluruh model mobil listrik terbaru dari Hyundai.

Di Eropa mobil ini akan resmi diluncurkan paling lambat pada pertengahan tahun atau pada musim panas 2021. Untuk penjualan perdana Hyundai akan menjual ioniq 5 seri khusus yang dinamakan Project 45, yang mana model seri ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 75 kWh.

Related Articles

Add Comment