Apple Batal Bikin Mobil Listrik Dengan Kia-Hyundai

Category: Berita, Mobil Listrik 14 0

Setelah sebelumnya tersebar kabar perusahaan teknologi Apple akan membuat mobil listrik pertama mereka dengan bantuan pabrikan korea Kia-Hyundai Group. Namun baru-baru ini dikabarkan rencana kerjasama kedua perusahaan raksasa tersebut batal dikarenakan Apple keberatan dengan bocornya rencana mobil listrik mereka yang diduga dari pihak Hyundai-Kia sendiri.

Kabar terhentinya rencana kerjasama mereka ini sudah dikonfirmasi dari kedua belah pihak, baik dari Apple maupun dari Kia-Hyundai group sendiri. Apple yang selama ini terbilang sangat tertutup untuk rencana-rencana peluncuruan produk terbaru mereka, sangat tidak mengapresiasi bocornya informasi proyek mobil listrik mereka ke media.

Dikabarkan Apple akan menggunakan platform e-GMP milik pabrikan Korea tersebut. Platform ini sendiri adalah platform terbaru dari Hyundai yang memang dikhususkan untuk kendaraan berbasis mesin elektrik. Rencana Apple untuk menggandeng Kia-Hyundai dalam proyek mobil listrik pertama Apple, dinilai banyak kalangan sangat tepat karena memang Apple tidak memiliki pengalaman membangun mobil listrik sebelumnya.

Terhentinya negosiasi antara kedua perusahaan tersebut mengakibatkan juga penurunan nilai saham mereka di bursa saham. Hyundai tercatat mengalami penurunan saham hingga 6,2% atau setara 3 milyar dollar amerika, sedangkan Kia juga mengalami hal yang serupa, harga sahamnya mengalami penurunan hingga 15% atau setara 5,5 milyar dollar amerika.

Apple setelah kejadian ini dikabarkan akan tetap melanjutkan rencana mereka untuk membangun mobil listrik, namun mungkin akan membangun kerjsama dengan perusahaan yang berbeda..dan tentu yang bisa menjaga rahasia.

Related Articles

Add Comment