Toyota Akan Meluncurkan Mirai Generasi Kedua

Category: Berita, Mobil Hidrogen 18 0

Toyota berencana akan meluncurkan generasi kedua dari mobil hidrogen pertama mereka yakni Toyota Mirai dalam waktu dekat ini. Sebetulnya Toyota sudah memperkenalkan prototipe dari Mirai terbaru pada tahun 2019 lalu. pada saat itu Toyota mengklaim protipe tersebut 90 persen mirip dengan model final generasi kedua Toyota Mirai.

Berbicara desain tampilan, Mirai terbaru akan memiliki garis body yang elegan tanpa meninggalkan ciri khas toyota. Sepintas Mirai terbaru akan tampak seperti sedan yang berdimensi panjang dan lebar. Di bagian tampang, Mirai ini akan dibekali dengan grill yang menyerupai gaya gril dari Lexus. Dan memang dengan dimensi bodi yang memiliki panjang 4,97 meter dan tinggi 1,47 meter, mengharuskan Mirai baru ini menggunakan platform Lexus LS.

Dibagian teknis, Mirai baru akan mengalami beberapa perubahan yang signifikan dibandingkan dengan Mirai sebelumnya. Salah satunya, posisi fuel cell akan ditempatkan dibagian kap mesin bagian depan, sedangkan generasi sebelumnya dipasangkan dibagian bawah jok penumpang. Selain itu Mirai terbaru akan dilengkapi dengan tabung penyimpanan hidrogen yang lebih besar yakni 5,6 kg dibandingkan 4,6 kg yang digunakan pada mirai generasi sebelumnya. Tentu saja dengan penambahan kapasitas tangki tersebut akan menambah pula daya jelajahnya menjadi 650 kilometer atau 30 persen lebih jauh dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Begitupun dengan mesinnya kali ini akan ditempatkan dibagian belakang mobil, akan mengalami penambahan tenaga menjadi 182 dk dan torsi 300 Nm. Dengan kata lain ada penambahan tenaga 30 dk dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang hanya 154 dk.

Hingga saat ini Toyota belum mengumumkan harga dari Mirai baru ini, namun seperti yang kita tahu mobil hidrogen saat ini masih relatif tinggi dibandingkan dengan mobil ramah lingkungan lainnya. Namun Toyota mengklaim Mirai terbaru akan memiliki harga yang lebih bersahabat dibandingkan dengan Mira sebelumnya.

Related Articles

Add Comment