Pembalap Ini Mengubah Hyundai Kona Elektrik Menjadi Mobil Rally

Category: Berita, Mobil Listrik 78 0

Seorang pembalap rally bernama Hayden Paddon asal New Zealand mengubah Hyundai Kona elektrik menjadi mobil rally tangguh yang akan digunakannya di musim kompetisi rally tahun depan di negaranya.

Seperti diketahui untuk ajang kompetesi WRC sendiri dikabarkan baru akan menggunakan mobil ramah lingkungan pada tahun 2022, dan itupun baru akan menggunakan mobil hibrid. Sedangkan Hayden sendiri sudah mempercayakan mobil 100 persen mobil listrik murni sebagai mobil andalannya.

Untuk melakukan projeknya tersebut, Hayden menggandeng bengkel modifikasi Paddon Rallysport Group yang memang miliknya sendiri. Projek modifikasi Kona elektrik tersebut sudah dimulai sejak tahun 2018, dan untuk modifikasinya ini Hayden bekerjasama dengan bengkel Stohl Racing yang memang sudah berpengalaman untuk membuat mobil balap elektrik.

Beberapa ubahan harus dilakukan pada mobil Kona Elektrik standar agar bisa dipacu secara ekstrim. Hayden menambah jumlah mesin elektriknya menjadi 4, dua didepan dan dua lagi di poros belakang, dengan kombinasi tersebut mobilnya mampu mengeluarkan tenaga hingga 885 daya kuda dan torsi 1100 Nm, jauh lebih besar dibandingkan dengan mobil konvensional sekalipun. Yang unik Hayden terpaksa harus menggunakan panel bodi bagian depan yang diambil dari Hyundai Kona bensin karena memiliki lubang udara yang lebih banyak dengan tujuan untuk mendinginkan baterai yang kemampuannya sudah meningkat tajam.

Related Articles

Add Comment