Renault Megane eVision – Crossover Elektrik Untuk Tahun 2022

Category: Berita, Mobil Listrik 43 0

Perusahaan asal Perancis – Renault baru-baru ini memperkenalkan mobil elektrik crossover terbaru mereka yang dinamakan Megane eVision. Walaupun mobil ini masih berupa prototipe, namun pihak Renault mengklaim kalau 95 persen sama dengan model produksi masalnya.

Megane eVision sendiri bisa dibilang adalah mobil listrik kedua yang akan diluncurkan oleh pabrikan asal negara baguette tersebut setelah Twizy dan Zoe. Walaupaun menyandang nama Megane – nama model sedan dari Renault, namun Megan eVision ini sendiri memiliki gaya bodi layaknya Crossover sejati dengan ukuran tinggi 150 cm yang mana ini 5 cm lebih tinggi dari Megane biasa.

Perbandingan Megane eVision dan Megane biasa.

Konsep desain Megan eVision menampilkan revolusi desain yang lebih futuristik dibandingkan desain bodi mobil-mobil renault yang lainnya. Desain khas ‘C’ lampu depan khususnya lampu DRL masih dipertahankan namun untuk Megan eVision ini ditambahkan lampu LED DRL yang memanjang sepanjang grill depan yang menambah visibilitas dari jarak jauh dan mampu terlihat dari jarak 100 meter.

Di bagian interior Renault belum mau membagikan akan seperti apa desain interior dari Megane eVision ini, mungkin menjelang diluncurkan secara resmi nanti akan akan diumumkan ke publik, namun banyak yang berkeyakinan ruang interiornya tidak akan jauh berbeda dengan megane biasa.

Di sektor tenaga Megane eVision akan dilengkapi dengan mesin listrik dengan tenaga 217 dk (160kW) dan torsi 300 Nm yang mana tenaga dari mesin elektrik ini akan disalurkan ke bagian sumbu roda depan saja. Dengan konfigurasi seperti itu, mobil ini dapat berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 8 detik saja. Untuk baterainya, crossover ini akan dilengkapi dengan baterai dengan kapasitas 60 kWh dan mengadopsi bentuk baterai yang paling tipis dan paling datar diantara seluruh model baterai yang ada didunia. Baterai model baru ini akan diproduksi oleh produsen baterai kenamaan LG Chem.

Dengan baterai tersebut Megan eVision mampu menempuh jarak sejauh maksimal 450 kilometer untuk sekali baterai penuh. Ini tentu saja lebih jauh dibandingkan saudaranya Renault Zoe, yang hanya bisa menempuh jarak 340 kilometer saja. Dengan jarak tempuh tersebut, Megane eVision tentu saja mampu bersaing dengan Volkswagen ID.3 yang juga mampu menempuh jarak hingga 420 kilometer. Renault juga akan menawarkan Megane eVision dengan kapasitas baterai 40 kWh, yang mana jarak tempuhnya tentu saja lebih pendek dibandingkan dengan versi 60 kWh.

Megane eVision rencananya akan dijual resmi pada tahun 2022, namun model reel produksi masalnya akan diperkenalkan akhir tahun depan sekaligus mengumumkan harga jual resminya yang saat ini belum dibagikan ke publik.

Related Articles

Add Comment