Skoda Enyaq Resmi Diluncurkan Di Eropa

Category: Berita, Mobil Listrik 8 0

Pabrikan asal Ceko Skoda baru saja meluncurkan SUV elektrik yang diberi nama Enyaq untuk pasar Eropa. Enyaq sendiri adalah pengembangan dari mobil prototipe yang concept Vision iV yang sempat dipamerkan di pameran Otomotf Geneva tahun lalu.

Enyaq bukan satu-satunya mobil listrik yang diluncurkan tahun ini oleh Pabrikan asal Ceko tersebut, sebelumnya Skoda juga meluncurkan mobil listrik untuk perkotaan yang dinamakan Citigo iV.

Apabila Volkswagen membuat mobil listrik dengan desain yang benar-benar baru, berbeda dengan Skoda, mereka cenderung mempertahankan desain dan ciri desain khas dari mobil Skoda dengan mesin konvensional lainnya. Dengan dimensi panjang 4,6 meter dan lebar 1,8 meter, Enyaq memiliki dimensi yang mirip dengan SUV Skoda Kodiaq yang memiliki mesin konvensional.

Karena Skoda masih dibawah naungan group VW, maka untuk Enyaq ini Skoda juga menggunakan platform MEB milik VW. Di Eropa Enyaq ditawarkan dengan 5 pilihan model berbeda, dimana untuk yang tipe paling tinggi yakni Enyaq RS iV akan dilengkapi dengan mesin listrik berkekuatan 225 kW (301 hp) dan torsi maksmilan bisa mencapai 460 Nm. Untuk mensupport daya listriknya, Enyaq akan dibekali dengan baterai 82 kWh, yang mana bisa membawa mobil hingga sejauh 460 km untuk sekali baterai penuh.

Beberapa waktu lalu sebagai bagian dari program peluncuran Skoda Enyaq, mobil SUV elektrik ini digunakan sebagai pembuka konvoi untuk balapan sepeda Tour de France 2020, memang selama ini juga Skoda dikenal sebagai salah satu sponsor utama di ajang balapan sepeda paling bergengsi di dunia tersebut.

Related Articles

Add Comment