Inilah 5 Motor Listrik Paling Canggih Di Dunia

Category: Motor Listrik 30 0

Walaupun kami kebanyakan membahas mobil listrik di situs ini, namun kenyataannya kendaraan roda dua atau motor tidak akan kami lewatkan begitu saja untuk kami bahas. Seperti kita tahu walaupun masih sangat jarang dan pasarnya masih sangatlah kecil, beberapa perusahaan start up kelas dunia tidak malu-malu meluncurkan motor konsep andalan mereka. Beberapa perusahaan tersebut bahkan menjanjikan akan memproduksi motor listrik mereka secara masal dalam waktu yang tidak lama lagi.

Beberapa motor listrik dibawah ini adalah motor-motor listrik yang memiliki desain dan teknologi yang spektakuler. Beberapa diantaranya bahkan diperkirakan akan memiliki harga jual hingga 1 miliar rupiah.

1. Curtis 1

Motor listrik dari merek Curtis ini lumayan legendaris di Amerika Serikat. Nama mereknya sendiri diambil dari nama Glen Curtiss, yaitu seorang penemu sekaligus insinyur asal Amerika yang lahir di era 1878.

Motor Curtis 1 yang direncanakan akan diproduksi di tahun 2021 ini, mengambil inspirasi desain dari seekor anjing jantan yang berkarakter agresif. Curtis 1 akan dilengkapi dengan baterai yang yang memiliki sistem pendingin dengan bantuan cairan. Di sektor tenaga motor ini akan dipasangkan mesin listrik bertenaga maksimal 120 dk dan torsi 200 Nm.

Curtis masih belum mengumumkan informasi lain mengenai motor konsep mereka seperti jarak tempuh dan kapasitas baterai yang dimiliki, namun diduga baterainya akan memiliki kapasitas sebesar 16,8 kWh. Curtis 1 akan dijual mulai dari $70 ribu untuk model yang paling rendah.

2. HyperTek

Pabrikan asal Afrika Selatan yang bernama HyperTek ini mengusung model konsep motor listrik dengan karakter naked bike. Perusahaan yang juga terkenal karena produk velg dan serat karbon ini, menawarkan motor listrik dengan teknologi yang canggih sekaligus desain yang unik.

Di bagian mesin motor ini dilengkapi dengan turbin layaknya pada mesin pesawat untuk menambah tenaga mesin. Dibagian suspensi, motor ini dilengkapi dengan air suspension yang bisa diatur kekerasannya. Mesinnya sendiri mampu mengeluarkan tenaga hingga 107 dk dan torsi 120 Nm, mesin didukung oleh sebuah baterai yang bisa dicas dalam waktu 30 menit saja untuk mencapai jarak 300 km.

Di sektor bodi, HyperTex tentu saja menggunakan material serat karbon untuk mengurangi bobot bodi namun lebih ringan dibandingkan dengan material biasa. Yang unik, HyperTek juga memasang fitur khusus pada transmisinya agar rider bisa melakukan burns dan wheelie.

3. Nawa Racer

Motor konsep ini digagas oleh sebuah perusahaan teknologi asal Perancis. Satu hal yang mencolok dari sisi desain motor yang diberi nama Nawa Racer ini adalah pelek belakang yang berdesain tanpa sumbu tengah. Dengan desain tersebut motor terlihat sangat futuristik.

Motor listrik yang sempat dipamerkan di acara CES di Las Vegas Amerika Serikat ini dilengkapi dengan teknologi yang mampu menghasilkan tenaga listrik ketika motor sedang melakukan pengeramn atau deselerasi. Baterainya sendiri menggunakan lithium yang mana mampu dicas kurang dari 1 jam hingga 80 persen baterai terisi penuh. Bukan hanya itu bodi baterainya sendiri menggunakan serat karbon agar bobotnya bisa dipangkas hingga 150 Kg.

Di sektor mesin belum banyak informasi yang bisa didapat, namun Nawa Racer dipromosikan mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 3 detik saja. Sedangkan jarak tempuh yang bisa diraiih oleh motor ini adalah 300 km untuk rute luar kota dan 150 km untuk dalam kota.

4. Verge TS

Bukan hanya Nawa Racer yang tertarik mengadopsi pelek belakang tanpa poros tengah, perusahaan asal Finlandia juga mengadopsi teknologi dan desain yang sama untuk motor konsep buatan mereka. Motor listrik yang dinamakan Verge TS ini bisa dibilang adalah motor listrik masa depan dengan harga yang paling ‘murah’ apabila dibandingkan dengan motor listrik konsep lainnnya. Motor ini ditawarkan diangka 25 ribu euros.

Namun dalam hal bobot, motor ini memiliki bobot yang paling berat dibandingkan dengan motor konsep lain yakni 225 kg. Untungnya dengan berat seperti itu motor ini masih sanggup menempuh jarak hingga 300 kilometer untuk sekali baterai penuh, walaupun digeber hingga 180 km/jam. Mesinnya sendiri motor ini direncanakan akan menggunakan motor dengan tenaga 107 dk dan torsi 1000 Nm! dengan konfigurasi ini Verge TS mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam 3 detik saja.

5. Damon Hypersport

Motor listrik konsep yang dibuat perusahaan asal Kanada ini sempat dipamerkan juga di acara pameran teknologi CES Las Vegas di Amerika Serikat beberapa tahun lalu. Motor ini memiliki kelebihan dibandingkan yang lain yakni mamu dikebut hingga 320 km/jam.

Motor ini dibekali dengan baterai yang memiliki kapasitas 21,5 kWh yang mampu membawa motor menempuh jarak hingga 320 km untuk rute dalam kota. Sedangkan untuk rute luar kota motor ini bisa dinikmati sejauh 500 km. Mesin listriknya sendiri memiliki tenaga hingga 214 dk dan torsi 200 Nm, dengan spesifikasi tersebut motor ini mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam waktu kurang dari 3 detik. Mesinnya sendiri akan dilengkapi dengan cairan pendingin layaknya mesin motor konvensional.

Motor Hypersport ini juga akan dilengkapi dengan koneksi 4G yang memungkinkan setiap motor yang ada bisa terkoneksi satu sama lain agar bisa diketahui catatan kemampuan dan performance-nya.

Related Articles

Add Comment