Pesawat Ini Berhasil Terbang Dengan Mesin Listrik

Category: pesawat listrik 169 0
pesawat cessna elektrik

Sebuah pesawat Cessna Grand Caravan yang dilengkapi dengan mesin listrik berhasil terbang di angkasa selama 30 menit pada uji coba yang dilakukan di Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Pesawat Cessna ini menjadi pesawat paling besar yang bertenaga elektrik yang mampu terbang dengan lancar di udara. Pesawat ini menggunakan mesin bertenaga 760 daya kuda buatan MagniX dan mendapatkan pasokan listrik dari sebuah baterai Li-on 750 volt yang memiliki bobot 1100 kg.

Dengan menggunakan mesin listrik pesawat ini diklaim hanya memerlukan biaya $6 saja untuk penerbangan selama 30 menit, sedangkan apabila menggunakan mesin konvensional pesawat ini akan memerlukan biaya avtur minimal $300 untuk durasi penerbangan yang sama.

Kelemahannya dibandingkan dengan pesawat Cessna biasa yang mampu terbang nonstop sejauh 1700 kilometer, pesawat elektrik ini baru mampu mengantarkan 4 penumpang sejauh 160 kilometer saja. Namun bukan tidak mungkin sedikit demi sedikit teknologi baterai akan semakin maju dan jarak terbang pesawat listrik pun akan semakin jauh.

Add Comment