Pabrikan Mobil Listrik Cina BYD Akan Masuk Pasar Eropa

Category: Berita, Mobil Listrik 78 0
SUV BYD Tang

Pabrikan mobil listrik nomor satu di Cina -BYD baru-baru ini meliris informasi akan melebarkan sayap mereka ke Eropa. Negara pertama yang akan menjadi target pasar mereka adalah Norwegia.

Untuk memuluskan rencananya ini, BYD akan menjual terlebih dahulu SUV andalan mereka yang dinamakan Tang. SUV ini sendiri adalah generasi kedua setelah generasi pertama yang dijual hanya dalam versi hybrid sejak tahun 2015 di Cina. Rencananya mobil SUV ini akan dilengkapi dengan mesin listrik berkekuatan 241 daya kuda dan torsi 330 Nm, dilengkapi juga dengan baterai Li-on 82,8 kWh yang mampu membawa mobil sejauh 500 kilometer.

Dari dimensinya, SUV Tang akan bermain di pasar SUV kecil, yang mana akan bersaing langsung dengan KIA e-Niro, Hundai Kona elektrik dan Tesla model Y. BYD menegaskan untuk tahap pertama akan hanya menjual Tang dengan versi penggerak 4 roda saja.

Kenapa Norwegia sebagai tujuan negara pertama? jawabannya tentu saja Norwegia adalah negara di Eropa dengan pasar mobil listrik terbanyak di Eropa. Selain itu jaringan infrastruktur pendukung untuk mobil listrik disana sudah lebih maju dan lengkap dibandingkan dengan negara lain di sekitarnya.

BYD sendiri sebenarnya bukan pertama kali memasuki pasar Eropa. Di tahun 2009 mereka pernah menjual mobil listrik yang dinamakan e6 yang saat itu digunakan sebagai mobil listrik taksi di beberapa negera Eropa seperti Belanda, Belgia dan Inggris.

Related Articles

Add Comment