Tesla Mengembangkan Baterai Yang Bisa Digunakan Hingga 1,6 juta Kilometer

Category: Baterai, Berita 41 0
baterai tesla

Para peneliti yang bekerjasama dengan pabrikan mobil listrik Tesla, berhasil mengembangkan sel baterai yang bisa digunakan hingga 1,6 juta kilometer. Sel baterai ini sangat cocok apabila digunakan untuk mobil listrik yang bekerja terus menerus seperti di armada taksi.

Tesla sendiri yang diungkapkan oleh CEO nya Elon Musk, berkeinginan memasarkan mobil mereka untuk armada taksi, namun menginginkan baterai yang digunakan adalah baterai yang tahan lama dan menguntungkan secara ekonomis bagi perusahaan taksi.

Baterai ini sendiri nantinya akan menggunakan Li-on baterai namun yang disusun atas sel katoda jenis baru yang dinamakan ‘Single Crystal’ NMC. Menurut Jeff Dahn, kepala penelitian untuk baterai ini, baterai tersebut telah di tes dalam beberapa kondisi dan suhu yang berbeda, bahkan dalam kondisi yang ekstrim dengan suhu 40° celcius baterai ini masih bisa bertahan hingga 4000 siklus pengisian. Bahkan apabila dilengkapi dengan sistem pendinginan baterai ini bisa bertahan hingga 6000 siklus, yang mana bisa dengan gampang meraih 1 juta kilometer.

Related Articles

Add Comment