10 Mobil Listrik Dengan Jarak Tempuh Paling Jauh

Category: Mobil Listrik 142 0

Seperti kita tahu jarak tempuh sebuah mobil listrik menjadi salah satu hal yang penting mengingat mengisi ulang daya baterai pada mobil listrik membutuhkan waktu yang tidak sedikit, minimal 1 hingga 2 jam. Bagi orang-orang yang terbiasa menggunakan konvensional hanya untuk mengisi ‘bensin’ berjam-jam masih agak susah diterima, selain itu kemampuan mobil listrik yang hanya bisa melaju 200 atau 300 kilometer maksimum membuat menyebabkan orang belum yakin dengan mobil listrik. Faktor-faktor inilah juga yang membuat beberapa orang masih ragu untuk membeli mobil listrik.

Belum lagi kadang pabrikan mobil listrik juga dianggap tidak transparan atas klaim jarak tempuh maksimal yang bisa ditempuh pada mobil listrik buatan mereka. Apa yang tertulis pada spesifikasi mobil listrik, kadang kenyataannya bisa berkurang 10 hingga 30% pada kondisi reel di lapangan.

Jarak tempuh suatu mobil listrik berhubungan erat dengan teknologi dan kapasitas baterai yang dimiliki oleh mobil listrik tersebut. Tidak heran semua pabrikan mobil berlomba-lomba menciptakan mobil listrik dengan baterai yang paling mumpuni agar mobil mereka bisa melaju sejauh mungkin hanya dengan satu kali baterai penuh.

Berikut adalah daftar 20 mobil listrik yang memiliki jarak tempuh terbaik diantara semua mobil listrik yang sudah beredar di pasar mobil listrik dunia. Sebagai catatan, mobil-mobil listrik dibawah ini dimasukkan ke dalam daftar berdasarkan jarak tempuh yang ditawarkan oleh masing-masing pabrikan.

1. Tesla Model S

Ditawarkan dengan jarak tempuh maksimal 610 kilometer untuk tipe Long Range, Tesla Model S bisa dibilang adalah mobil listrik produksi masal yang paling jauh jarak tempuhnya hingga saat ini. Dengan harga di Amerika Serikat mulai dari 90 ribu dolar (mungkin di Indonesia bisa lebih dari 2 miliar), mobil ini bukan hanya punya jarak tempuh yang bagus namun memiliki tenaga yang luar biasa. Ditenagai dengan mesin listrik Dual Motor akselerasi dari 0 ke 100 km/jam bisa diraih hanya dalam 2,6 detik saja dan kecepatan tertinggi yang bisa dicapai adalah 261 km/jam.

Baca juga : Perkembangan mobil Tesla

Tesla juga menyediakan khusus untuk klien stasiun pengisian khusus yang dinamakan Supercharger, yang memiliki kemampuan mengisi daya baterai untuk jarak 214 kilometer hanya dalam 15 menit saja.

2. Tesla Model 3

Tesla model 3 yang baru dipasarkan sejak tahun lalu ini, mewarisi kemampuan kakaknya Model S dalam hal jarak tempuh maksimal yang bisa dicapai. Model 3 bisa melaju hingga 560 kilometer untuk satu kali penuh baterai. Kecepatan maksimalnya bisa mencapai 261 km/jam, namun Model 3 ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan Model S, bisa diisi daya ulang untuk jarak 270 kilometer hanya dalam 30 menit.

Beberapa selebritis dan tokoh politik di Indonesia sudah memiliki Model 3 ini, walaupun harga yang ditawarkan di Indonesia oleh Importir mobil CBU mulai dari Rp 1,5 miliar.

3. Tesla Model Y

Walau kalah populer dibandingkan dengan saudara-saudaranya yang lain, Tesla Model Y juga sanggup melaju hingga 540 kilometer. Tentu saja karena mobil ini berbagi konfigurasi dengan Model 3, bisa dibilang ini adalah versi minibusnya Tesla model 3. Sama halnya dengan model Tesla lain mobil juga memiliki hak eksklusif bisa mengisi ulang daya di jaringan Supercharger milik Tesla.

4. Tesla Model X

Ya, mobil buatan Tesla memang mendominasi mobil listrik dengan jarak tempuh terbaik. Termasuk dengan model X ini yang mereka klaim bisa mencapai jarak hingga 507 kilometer. Walaupun bisa dibilang lebih pendek dibandingkan dengan model Tesla lain, namun 500 kilometer adalah jarak tempuh yang bagi sebagian pabrikan mobil listrik dunia masih susah untuk dicapai.

Model X menggunakan sistem baterai dan mesin listrik yang sama dengan Model S. Jadi jangan heran walaupun mobil ini adalah mobil 7 penumpang, akselerasi yang bisa dicapai dari 0 ke 100 km/jam hanya 2,9 detik saja.

5. Jaguar i-Pace

Jaguar adalah merek diluar Tesla yang mampu membayang-bayangi ‘klan’ Tesla dalam hal jarak tempuh. Mobil SUV ini mampu menempuh jarak hingga 470 kilometer untuk sekali baterai penuh. Kemampuan ini bisa diraih berkat baterai yang memiliki kapasitas 90 kWh, dan dua mesin listrik yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 400 daya kuda.

Berbicara pengisian daya, mobil ini bisa diisi ulang energi listriknya dalam waktu 1 jam untuk jarak 270 kilometer dengan menggunakan stasiun pengisian cepat. Di Eropa mobil ini ditawarkan dengan harga mulai 80 ribu euros.

6. Kia e-Niro

Berkat baterai berteknologi Li-on polymer berkapasitas 64 kWh, Kia e-Niro mampu menempuh jarak hingga 455 kilometer untuk sekali baterai penuh. Untuk mesinnya sendiri mobil ini ditawarkan dengan dua jenis yaitu 100 kW (136 dk) dan 150 kW(204 dk). Berkat mesinnya tersebut e-Niro bisa mencapai kecepatan maksimal 167 km/jam dan akselerasi dari 0 ke 100 dalam 7,8 detik.

7. Kia e-Soul

Mobil yang desainnya cukup unik ini, memiliki jarak tempuh maksimal 452 kilometer berkat baterai dengan kapasitas 64 kWh yang dimiliknya. Adapun seluruh teknologi yang ada pada mobil ini termasuk mesin dan seluruh konfigurasinya sama dengan yang digunakan e-Niro dan Hyundai Kona elektrik.

8. Porsche Taycan

Mobil listrik sport ini mampu menempuh jarak hingga 450 kilometer berkat baterai dengan kapasitas 93,4 kWh buatan LG. Baterai ini ditempatkan memanjang dibagian tengah sasis agar bobotnya merata. Disediakan juga Taycan dengan kapasitas baterai 79,2 kWh yang hanya bisa membawa mobil ini sejauh 407 kilometer.

Untuk sumber tenaga Taycan ini dilengkapi dengan dua mesin listrik yang ditempatkan masing-masing di kedua sumbu rodanya. Kedua mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 625 dk, namun apabila masih kurang pada versi Turbo S disediakan mode Overboost yang dapat meningkatkan tenaga mobil hingga 761 dk.

Dengan konfigurasi tersebut Taycan mampu melesat dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam 2,8 detik saja dan kecepatan maksimalnya 260 km/jam. Untuk harga di Eropa mobil ini ditawarkan dengan harga lumayan tinggi yakni 108 ribu euros.

9. Hyundai Kona

Walaupun berbagi konfigurasi dengan e-Niro dan e-Soul, Hyundai mengklaim mobil crossover perkotaannya ini hanya mampu menempuh jarak hingga 449 kilometer.

Saat ini Hyundai Kona versi bensin sudah dipasarkan di Indonesia, dan menurut rumor yang berkembang ada kemungkinan Kona listrik juga akan dipasarkan mulai tahun depan.

10. Audi e-tron quattro

SUV mewah dari Audi ini mampu menempuh jarak hingga 417 kilometer berkat baterai berkapasitas 95 kWh yang dimiliknya. Dilengkapi dengan dua mesin yang dipasang di kedua sumbu rodanya, mobil ini bisa berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 6,6 detik, dan kecepatan maksimalnya 200 km/jam.

Untuk mengisi daya baterai, e-tron adalah satu-satunya mobil listrik yang sudah diproduksi masal yang bisa diisi ulang di stasiun pengisian daya super cepat 150KW, yang mana apabila menggunakan charger ini dapat mengisi baterai hingga 80% dalam 30 menit saja.

Related Articles

Add Comment