Ini Dia Yaris Cross, Mobil Hybrid Baru Dari Toyota

Category: Berita, Mobil Hybrid 111 0
Mobil hybrid yaris cross

Toyota resmi memperkenalkan SUV Kecil / Crossover hybrid baru mereka yang dinamakan Yaris Cross. Pada awalnya mobil ini akan diperkenalkan pertama kali pada pameran otomotif di Genewa, Swiss tahun ini, namun seperti kita tahu acara tersebut dibatalkan karena pandemik corona.

Yaris Cross Hybrid sesuai namanya merupakan versi SUV dari toyota yaris baru. Menggunakan platform yang sama yakni TNGA, Yaris Cross ini memiliki dimensi yang lebih panjang 24 cm (4,18 m) lebih tinggi 2 cm (1,56 m) dan lebih lebar 2 cm (1,76 m). Namun keduanya masih memiliki jarak sumbu roda yang sama yakni 2,56 m.

Adapun sumber tenaga dan sistem hybrid yang digunakan crossover ini masih sama persis yang digunakan Yaris generasi 4. Dilengkapi dengan mesin bensin 1500 cc Atkinson Cycle dan mesin listrik 59 kW yang didukung oleh baterai berjenis Li-on, mobil ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 116 daya kuda. Yang berbeda Yaris Cross ini akan dilengkapi dengan fitur penggerak 4 roda elektronik yang akan memerintahkan kedua roda belakang untuk aktif ketika melewati kondisi jalan licin atau slip.

Saat ini Toyota Eropa masih belum mengeluarkan data lengkap kemampuan crossover hybrid terbarunya ini, namun Toyota memperkirakan emisi C02 yang dibuang mobil ini dibawah 100g/km. Begitu juga dengan harganya, Toyota masih belum mengeluarkan secara resmi harga mobil ini namun diperkirakan harganya diatas 20 ribu euros.

Rencananya mobil yang akan dijual di tahun 2021 untuk pasar Eropa akan diproduksi di pabrik perakitan di kota Valenciennes, Utara Prancis dan juga akan di rakit di Miyagi, Jepang untuk pasar Jepang sendiri.

Related Articles

Add Comment