Foto-Foto Langit Jakarta Berwarna Cerah Pada Masa Pembatasan Sosial

Category: Berita 52 0

Diberlakukannya status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mengurangi penularan convid-19 di Jakarta pada 7 Maret lalu ternyata berdampak juga pada kualitas udara di Jakarta.

Beberapa hari ini beberapa netizen membagikan foto-foto langit Jakarta yang cerah berwarna biru yang mana jarang sekali terjadi di kota yang super sibuk ini. Pemberlakuan PSBB memaksa warga ibukota mengurangi bepergian dan aktifitas lainnya yang mana tentu saja mengurangi penggunaan alat transportasi seperti mobil dan alat transportasi umum.

Kalau kita bandingkan foto-foto tersebut dengan foto Jakarta sebelumnya, kita akan kaget betapa ternyata polusi udara itu adalah masalah yang serius terutama di kota-kota besar seperti Jakarta.

Beberapa kota di dunia pun melaporkan berkurangnya tingkat polusi yang signifikan seperti misalnya Paris, yang beberapa tahun belakangan ini juga berjuang untuk mengurangi polusi kendaraan yang sangat tinggi. Begitu pun dengan Italia yang mengalami penurunan polusi udara khususnya di wilayah Italia Utara yang menjadi pusat wabah corona.

Berbicara polusi udara terutama di kota besar memang kendaraan bukan satu-satunya penyebab polusi semakin parah, akan tetapi berasarkan studi yang dilakukan oleh badan kebersihan lingkungan asal Perancis ANSES mengungkapkan kalau polusi kendaraan di perkotaan memberikan porsi terbesar dalam kualitas udara di perkotaan.

Bahkan dalam studi tersebut juga dinyatakan bahwa polusi udara perkotaan berdampak buruk pada kesehatan manusia. Di Perancis sendiri berdasarkan statistik setiap tahunnya 48 ribu orang meninggal gara-gara polusi udara. Dampak lain yang terjadi khususnya pada Ibu hamil, polusi udara meningkatan resiko calon bayi mengalami gangguan pernapasan dan juga masalah perkembangan ketika bayi tersebut dilahirkan.

Atas studi itu juga ANSES merekomendasikan untuk mengurangi kendaraan bermesin bahan bakar fosil dan mengurangi volume kendaraan logistik untuk melewati pusat kota. Selain itu juga badan tersebut menyarankan pentingnya mempromosikan penggunaan alat transportasi elektrik atau ramah lingkungan lainnya terutama untuk mendukung kualitas udara perkotaan yang lebih baik lagi.

Related Articles

Add Comment